WIDODO, SRI (2012) Penggunaan Metode Picture and Picture Untuk Meningkatkan Kemampuan Menghitung Nilai Uang Pada Kelas IV SDN 2 Jiwan Semester 1 Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
00_depan.pdf Download (851kB) |
|
PDF (Bab I)
01_bab_satu.pdf Restricted to Repository staff only Download (338kB) |
||
PDF (Bab II)
02_bab_dua.pdf Restricted to Repository staff only Download (505kB) |
||
PDF (Bab III)
03_bab_tiga.pdf Restricted to Repository staff only Download (436kB) |
||
PDF (Bab IV)
04_bab_empat.pdf Restricted to Repository staff only Download (919kB) |
||
PDF (Bab V)
05_bab_lima.pdf Restricted to Repository staff only Download (275kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
06_dft_pustaka.pdf Download (269kB) |
|
PDF (Lampiran)
07_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
10Naskah_Publikasi.pdf Download (532kB) |
Abstract
Tujaun penelitian: meningkatkan kemampuan menghitung nilai uang bagi siswa Kelas IV SD Negeri 2 Jiwan, Karangnongko, Klaten tahun 2012/2013 dengan menggunakan metode picture and picture Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Jiwan, Karangnongko, Klaten yang berjumlah 32 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi/pengamatan, tes tertulis dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dimulai pada bulan September sampai dengan Nopember 2012. Teknik analisis data menggunakan analisis tahap kedua dengan model interaktif, yang meliputi tiga komponen, yaitu (1) reduksi data, (2) sajian data, dan (3) penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian disimpulkan sebagai berikut: dengan menerapkan metode picture and picture dapat meningkatkan kemampuan menghitung nilai uang bagi siswa Kelas IV SD Negeri 2 Jiwan, Karangnongko, Klaten tahun 2012/2013. Hal ini dapat dilihat dari hasil pembahasan yang menunjukkan bahwa ada kenaikan dari nilai terendah meningkat 21,4% dari 55 pada kondisi pra siklus menjadi 70 pada kondisi akhir, nilai tertinggi meningkat 11,1% dari 80 pada kondisi awal menjadi 90 pada kondisi akhir, nilai rerata meningkat 19,9% dari 62,2 pada kondisi pra siklus menjadi 77,7, pada kondisi akhir (siklus II). Prosentase ketuntasan naik 78,1% dari dari kondisi awal 21,9% pada pra siklus menjadi 100% pada kondisi siklus 2.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Picture and Picture, Kemampuan Menghitung Nilai Uang |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 13 Sep 2013 06:31 |
Last Modified: | 13 Sep 2013 06:31 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21523 |
Actions (login required)
View Item |