Harjani, Harjani (2012) Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Model Konstektual Siswa Kelas IV SD Negeri I Gempol Karanganom Klaten Tahun Ajaran 2012/ 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (698kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (255kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (327kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (266kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (413kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (266kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (115kB) |
|
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (761kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi Struktur Kerangka Manusia dan Fungsinya melalui proses pembelajaran model kontekstual siswa kelas IV SD Negeri 1 Gempol Tahun Ajaran 2012/ 2013. Jenis penelitian ini menggunakan bentuk penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri I Gempol sebanyak 15 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi ( Pengamatan ), wawancara, kajian dokumen, dan tes. Langkah pelaksanaan penelitian – penelitian tindakan kelas ada 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observai dan refleksi, itu berkesinambungan. Hasil penelitian ini adalah (1) rata – rata kelas meningkat yaitu pada awal sebelum diadakan PTK sebesar 60,2 dan setelah dilaksanakan PTK siklus I nilai rata – rata siswa menjadi 65,1 dengan KKM 63, rata – rata siswa tersebut sudah berada diatas KKM, namun ada 5 siswa yang nilainya masih dibawah KKM. Pada siklus II rata-rata menjadi 75 dan ada 1 siswa yang nilainya dibawah KKM, (2) adanya peningkatan presentase yaitu sebelum diadakan PTK adalah 40 % meningkat menjadi 66,67 % pada siklus I sedang pada siklus II menjadi 93,33 %. Kesimpulan dari penelitian diatas adalah pembelanjaran konstektual dapat meningkat hasil belajar tentang struktur rangka manusia dan fungsinya dalam pembelajara IPA pada siswa SD N 1 Gempol. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar berada diatas KKM.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar IPA, Konstektual |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 23 Nov 2012 11:49 |
Last Modified: | 23 Nov 2012 13:16 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21517 |
Actions (login required)
View Item |