Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Model Konstektual Siswa Kelas IV SD Negeri I Gempol Karanganom Klaten Tahun Ajaran 2012/ 2013

Harjani, Harjani (2012) Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Model Konstektual Siswa Kelas IV SD Negeri I Gempol Karanganom Klaten Tahun Ajaran 2012/ 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (698kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (255kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (115kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (761kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi Struktur Kerangka Manusia dan Fungsinya melalui proses pembelajaran model kontekstual siswa kelas IV SD Negeri 1 Gempol Tahun Ajaran 2012/ 2013. Jenis penelitian ini menggunakan bentuk penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri I Gempol sebanyak 15 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi ( Pengamatan ), wawancara, kajian dokumen, dan tes. Langkah pelaksanaan penelitian – penelitian tindakan kelas ada 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observai dan refleksi, itu berkesinambungan. Hasil penelitian ini adalah (1) rata – rata kelas meningkat yaitu pada awal sebelum diadakan PTK sebesar 60,2 dan setelah dilaksanakan PTK siklus I nilai rata – rata siswa menjadi 65,1 dengan KKM 63, rata – rata siswa tersebut sudah berada diatas KKM, namun ada 5 siswa yang nilainya masih dibawah KKM. Pada siklus II rata-rata menjadi 75 dan ada 1 siswa yang nilainya dibawah KKM, (2) adanya peningkatan presentase yaitu sebelum diadakan PTK adalah 40 % meningkat menjadi 66,67 % pada siklus I sedang pada siklus II menjadi 93,33 %. Kesimpulan dari penelitian diatas adalah pembelanjaran konstektual dapat meningkat hasil belajar tentang struktur rangka manusia dan fungsinya dalam pembelajara IPA pada siswa SD N 1 Gempol. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar berada diatas KKM.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar IPA, Konstektual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 23 Nov 2012 11:49
Last Modified: 23 Nov 2012 13:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21517

Actions (login required)

View Item View Item