Meydyastuti, Nur Endah (2012) Peningkatan Motivasi Belajar Ips Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournaments) Siswa Kelas IV MI M Gading 1 Klaten Utara Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (528kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (551kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (615kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (847kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (507kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (439kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (23MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS materi peta dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournaments). 2) Meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS materi peta dengan menggunakan model kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournaments). Subyek yang menerima tindakan adalah siswa kelas IV A MI M Gading 1 Klaten Utara yang berjumlah 24 siswa, subyek yang melaksanakan tindakan adalah guru kelas IV B dengan dibantu peneliti dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumen. Analisis data secara kualitatif deskriptif dan analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV MI M Gading 1 pada pembelajaran IPS materi peta. Selama proses pembelajaran, motivasi belajar siswa selalu meningkat dari satu siklus ke siklus berikutnya. Motivasi belajar diukur dari 5 aspek yaitu partisipasi aktif, mengerjakan tugas, komitmen, berpendapat dan pengelolaan waktu. Hasil belajar siswa diukur dari aspek kognitif saja. Dari 24 siswa diperoleh prosentase keberhasilan hasil belajar sebesar 66,67% pada siklus I dan meningkat menjadi 87,50% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan bahwa guru hendaknya mencoba menerapkan pembelajaran kooperatif model TGT (Team Games Tournament) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi belajar, pembelajaran kooperatif model TGT |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 23 Nov 2012 11:43 |
Last Modified: | 23 Nov 2012 13:35 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21513 |
Actions (login required)
View Item |