Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Luas Bangun Datar Bagi Siswa Kelas V MIM 2 Gaden Tahun Ajaran 2012/2013

Khotijah, Siti (2012) Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Luas Bangun Datar Bagi Siswa Kelas V MIM 2 Gaden Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (176kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (428kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (6kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
JURNAL_PUBLIKASI.pdf

Download (196kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Meningkatkan kemampuan memecahkan masalah luas bangun datar melalui penerapan pendekatan matematika realistik (PMR) bagi siswa kelas V MIM Gaden 2 kecamatan Trucuk kabupaten Klaten (2) Mendiskripsikan hambatan-hambatan penerapan penedakatan matematika realistik dalam meningkatkan kemampuan memecahkan masalah luas bangun datar (3) Mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran matematika dengan penedakatan matematika realistik. Bentuk penelitian dalam skripsi ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model 2 (dua) siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 (empat ) tahap yaitu; rencana, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V MIM Gaden 2 Tahun Ajaran 2010/2011 sebanyak 12 siswa. Penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, teknik tes, teknik angket, teknik observasi, dan tes hasil belajar. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan analisis model interatif (Milles dan Hubberman, 2000). Kegiatan pokok analisis model ini meliputi antara lain (1) Reduksi data (2) Penyajian data (3) Menarik kesimpulan atau verikasi data.� Penggunaan pendekatan ���������� dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah luas bangun datar bagi siswa kelas V MIM Gaden 2 Tahun ajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PMR, Kemampuan memecahkan luas bangun datar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 Nov 2012 11:15
Last Modified: 23 Nov 2012 13:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21506

Actions (login required)

View Item View Item