Setyaningsih, Any Astuti (2012) Penerapan Strategi Student Team Achievement Devision (Stad) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas III SDN 2 Brajan Prambanan Klaten. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (645kB) |
|
|
PDF (BAB I)
03._BAB_I.pdf Download (109kB) |
|
PDF (BAB II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (307kB) |
||
PDF (BSB III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (118kB) |
||
PDF (BSB IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (618kB) |
||
PDF (BSB V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (77kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (84kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (235kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan penerapan pembelajaran STAD di kelas III SDN 2 Brajan. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model siklus. Strategi yang digunakan dalam penelitian ini adalah strategi Penelitian Tindakan Kelas dengan langkah-langkah menyusun perencanaan mengadakan tindakan, melakukan pengamatan atau observasi, melaksanakan analisis dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian ini antara lain tes, observasi langsung dan dokumentasi. Data kuantitatif akan diolah melalui analisis deskriptif komparatif sedangkan data kualitatif dalam bentuk paparan narasi yang menggambarkan kualitas pembelajaran. Keberhasilan kegiatan peneliti akan tercermin dengan peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan memahami hasil belajar matematika mengenal pecahan sederhana yang dibuktikan dengan pencapaian KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) adapun KKM ditentukan 6,5. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan 21% atau 50% dari 29 siswa yang dapat memperoleh nilai mencapai KKM. Hal ini dikarenakan belum semua terlibat dalam kegiatan diskusi kelompok yang dirancang oleh penulis dan penjelasan tambahan dari penulis masih kurang. Maka dari itu penulis melanjutkan penelitian siklus II. Dari hasil penelitian siklus II telah ada peningkatan kembali dari 41% menjadi 100%. Dari hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan strategi Student Team Achievement Devision (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas III SDN 2 Brajan, Prambanan, Klaten.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, Student Team Achievement Devision (STAD), matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 23 Nov 2012 11:06 |
Last Modified: | 23 Nov 2012 14:12 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21504 |
Actions (login required)
View Item |