PUSINARSIH, PUSINARSIH (2012) Penggunaan Metode Kerja Kelompok Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Penjumlahan Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat Kelas V SD Negeri 1 Jonggrangan Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (437kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (51kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB__III.pdf Restricted to Repository staff only Download (31kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB__IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (267kB) |
||
|
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Download (10kB) |
|
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (6kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (563kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Penggunaan Metode Kerja Kelompok Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Penjumlahan Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat Kelas V SDN 1 Jonggrangan Tahun 2012 / 2013. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif dengan guru kelas V SD Negeri 1 Jonggrangan selaku observer pembelajaran. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Jonggrangan. Obyek dalam penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada siswa kelas V SD Negeri 1 Jonggrangan melalui PenggunaanMetodeKerjaKelompok. PTK ini dilaksanakandalam dua siklus, pada setiap siklus terdiri dari 1 pertemuan dan setiap akhir siklus dilakukan evaluasi untuk mengukur tingkat kemampuan pemecahan masalah siswa. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi, hasil tes belajar, dan dokumentasi. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan rata-rata nilai pemecahan masalah siswa. Dari hasil tes pada pratindakan, diperoleh rata-rata nilai pemecahan masalah siswa sebesar 41,00 dan meningkatsebesar 77,27 pada tes akhir siklus I. Pada tes akhir siklus II, rata-ratanilai pemecahan masalah siswa juga mengalami peningkatan sebesar 78,82 yaitu sebesar 81,82 pada tes akhir siklus II. Pencapaian ketuntasan belajar juga mengalami peningkatan. Pada pratindakan, siswa yang tuntas belajar baru sebanyak 9 siswa atau sebesar 41,00%. Pada siklus I meningkat menjadi 17 siswa atau sebesar 77,27% dan pada siklus II terjadi peningkatan lagi menjadi 18 siswaatau sebesar 81,82%. Kemampuan siswa dalam setiap langkah pemecahan masalah mengalami peningkatan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prestasi belajar, bilangan bulat, metodekerjakelompok. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 23 Nov 2012 10:57 |
Last Modified: | 23 Nov 2012 14:24 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21501 |
Actions (login required)
View Item |