WATI , IFANA (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Karanglo, Klaten Selatan Melalui Penggunaan Gambar Seri. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (752kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (40kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (65kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (172kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (6kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (8kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (101kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (556kB) |
Abstract
Keterampilan menulis karangan sebagai salah satu cara dari empat keterampilan berbahasa mempunyai peranan penting dalam pendidikan Sekolah Dasar. Oleh sebab itu penulis mengambil Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif/ kerjasama antara guru dengan siswa, yang bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan gambarseri dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan serta meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri 2 Karanglo, Klaten Selatan. Data yang telah dikumpulkan berupa data kuantitatif yaitu data hasil belajar siswa yang berupa nilai. Data ini diperoleh dari hasil kemampuan mengarang siswa dari pra siklus, siklus I, dan siklus II. Data ini kemudian dianalisis secara deskripsi dengan menggunakan statistik deskripsi dan data Kualitatif yaitu data berupa kalimat yang diperoleh saat proses pembelajaran danwawancara yang berhubungan dengan pandangan atau sikap siswa, antusiasme siswa dalam belajar, dan motivasi siswa. Data jenis ini dapat dianalisis secara kualitatif. Penelitian ini memfokuskan pada siswa kelas V SD Negeri 2 Karanglo, Klaten Selatan yang berjumlah 23 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik Wawancara, Observasi, dan tes perbuatan dalam pengumpulan data. Penelitian ini bertujuan meningkatkan minat dan keterampilan mengarang siswamelalui media gambar seri dengan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) 65. Jadi sekurang-kurangnya 80% dari siswa kelas V SD Negeri 2 Karanglo yang berjumlah 23 anak dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan dan mencapai atau melebihi KKM mapel Bahasa Indonesia. Analisis data mulai dari pra siklus, siklus I , siklus II diperoleh hasil nilai rata-rata kemampuan menulis karangan pada pra siklus 30,43%, sklus I 60,86%, dengan indikator keaktifan siswa sebesar 55,65%, siklus II diperoleh hasil 91,30%, dengan indikator keaktifan siswa sebesar 84,35%. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini berbunyi “ada peningkatan minat dan kemampuan menulis karangan serta peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan media gambar seri dapat dibuktikan kebenarannya. Dengan peningkatan kemampuan mengarang mampu meningkatkan hasil belajar dan minat siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan menulis karangan, menggunakan gambar seri. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 23 Nov 2012 10:41 |
Last Modified: | 23 Nov 2012 15:00 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21493 |
Actions (login required)
View Item |