Iriani, Sri (2012) Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Bebas Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Metode Karya Wisata Pada Siswa Kelas V SDN 2 Kayumas, Jatinom, Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (559kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf Download (110kB) |
|
PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (137kB) |
||
PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (136kB) |
||
PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (534kB) |
||
PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (77kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (83kB) |
|
|
PDF (Naskah Publikasi)
11_NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (247kB) |
|
PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (164kB) |
Abstract
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan bebas pada mata pelajaran bahasa Indonesia melalui metode karya wisata pada siswa kelas V SDN 2 Kayumas Jatinom Klaten. Rancangan perbaikan pembelajaran ini berbentuk siklus – siklus yang merupakan daur ulang yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan wawancara. Analisis dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data interaktif deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil pengamatan, pembelajaran menggunakan metode karya wisata . Hal ini dapat dilihat dari hasil tiap – tiap siklus. Adapun hasil yang diperoleh adalah sebagai berikut: pada pra siklus hanya terdapat 40 % anak yang dapat mencapai KKM dan 60 tidak dapat mencapai KKM, hal ini disebabkan karena kurangnya perbendaharaan kata, penjelasan guru terlalu cepat, dan pembimbingan guru kurang merata setiap kelompok. Pada siklus 1, peneliti menggunakan metode karya wisata. Terdapat peningkatan yaitu 13.3 % anak yang mencapai KKM dan 53.3 % anak yang belum mencapai KKM; Hal ini disebabkan kurangnya bimbingan guru pada kelompok dalam melaksanakan tugas dalam menulis karangan bebas. Pada siklus 2 perbaikan berupa kunjungan karya wisata sehingga hasilnya 86,6 % siswa yang dapat mencapai KKM dan hanya 13,4 % yang tidak mencapai KKM. Peningkatan ini disebabkan karena siswa mulai memahami dalam penulisan karangan bebas karena siswa melihat secara langsung prosesnya, sehingga siswa lebih fokus dalam menulis karangan bebas. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan “Metode karya wisata dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan bebas pada mata pelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas V SDN 2 Kayumas, Jatinom, Klaten.”
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Karya Wisata, Karangan Bebas, Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 23 Nov 2012 10:31 |
Last Modified: | 21 Feb 2014 11:13 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21486 |
Actions (login required)
View Item |