Upaya Meningkatkan Keterampilan Mengarang Cerita Menggunakan Media Gambardalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V SDN 2 Belangwetan Klaten Utara Tahun 2012/2013

Cahaya, Ervina Endawati Binar (2012) Upaya Meningkatkan Keterampilan Mengarang Cerita Menggunakan Media Gambardalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V SDN 2 Belangwetan Klaten Utara Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (437kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB__I.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB__II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB__III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB__IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB__V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (324kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan dan mengetahui : (1) penerapan media gambar dalam keterampilan mengarang cerita, (2) peningkatan keterampilan mengarang cerita menggunakan media gambar di kelas V SDN 2 Belangwetan Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas V yang berjumlah 20 orang yang terdiri dari 8 laki-laki dan 12 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes mengarang cerita dapat meningkatkan keterampilan mengarang cerita pada siswa kelas V SDN 2 Belangwetan Klaten. Sebelum diadakan PTK rata-rata mengarang cerita pada siswa sebesar 64,25. Rata -rata mengarang cerita pada siklus I sebesar 68,90. Rata-rata nilai mengarang cerita pada siklus II sebesar 79,10. Jika dilihat dari segi klasifikasi tingkat pencapaian skor nilai mengarang cerita sebelum PTK yang berkategori “baik” berjumlah 4 orang (20%), kategori cukup 10 orang (50%), dan kategori “kurang” 6 orang (30%). Pada siklus I nilai siswa yang berkategori “baik” 10 orang (50%), kategori cukup 10 orang (50%), sedangkan pada siklus II berkategori cukup 5 orang (25%), kategori baik 9 orang (45%), dan kategori baik sekali 6 orang (30%), untuk kategori kurang dan kurang sekali tidak ada.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Mengarang Cerita, media gambar, pembelajaran Bahasa Indonesia SDN 2 Belangwetan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 Nov 2012 09:32
Last Modified: 23 Nov 2012 09:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21480

Actions (login required)

View Item View Item