Indrastuti, Nining (2012) Metode Simulasi Role Playing Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Dasar Negeri 2 Gondang Kelas V Semester I Kec. Kebonarum Kabupaten Klaten Tahun 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (529kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (51kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (38kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR__PUSTAKA.pdf Download (7kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (257kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penerimaan tindakan adalah siswa kelas V SDN 2 Gondang yang berjumlah 26 siswa. Metode pengumpulan data dilakukannya melalui observasi, angket, tes melalui LKS dan dokumentasi. Dari penelitian ini dapat dilihat adanya peningkatan motivasi belajar sebagai berikut : siswa yang memiliki motivasi dalam penerapan metode role play sewaktu KBM sebelum tindakan tekun belajar 6 siswa ( 23,07% ), tidak putus asa 9 siswa (34,61%), tidak cepat bosan 8 siswa (30,76%), belajar mandiri 11 siswa (42,30%), inovatif 14 siswa (53,84%) meningkat pada siklus I : tekun belajar 11 siswa (42,30%), tidak putus asa 12 siswa (46,15%), tidak bosan 11 siswa (42,30%), belajar mandiri 16 siswa (61,53%), inovatif 15 siswa (57,69%), meningkat pada siklus II: tekun belajar 15 siswa (57,69%), tidak putus asa 13 siswa (50%), tidak bosan 19 siswa (73,07%), belajar mandiri 17 siswa (65,38%), inovatif 16 siswa (61,53%). Karena adanya peningkatan motivasi belajar tersebut, hasil belajar siswa meningkat antara lain : (a) rata-rata kelas sebelum tindakan adalah 59,23, (b) Pada siklus I meningkat menjadi 63,65, (c) Pada siklus II meningkat menjadi 69,03. Dengan data tersebut membuktikan bahwa mengalami peningkatan dari sebelum tindakan , siklus I dan siklus II dengan penerapan metode simulasi role play dan telah mencapai indikator pencapaian hasil belajar siswa dengan rata-rata kelas yaitu > 65. Dari penelitan ini dapat disimpulkan bahwa metode simulasi role play pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas V dapat meningkat motivasi belajar siswa di SDN 2 Gondang.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Simulasi Role Playing, Motivasi belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 23 Nov 2012 07:03 |
Last Modified: | 23 Nov 2012 07:03 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21477 |
Actions (login required)
View Item |