Istikomah, Istikomah (2012) Peningkatan Kreativitas Anak Didik Melalui Percobaan Sains Pada Kelompok B-1 Di TKIT Al Hasna Gondang Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_PENDAHULUAN.pdf Download (530kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (18kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (72kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (56kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (8kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (405kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan kreativitas anak melalui percobaan sains di kelompok B-1 TKIT Al Hasna Gondang Kecamatan Kebonarum Kabupaten Klaten tahun ajaran 2012/2013. Sebelum diberikan tindakan, tingkat kreativitas anak rendah dan guru sudah mengupayakan alternatif pemecahannya dengan menggunakan beberapa metode. Penerapan metode tersebut ternyata belum mampu meningkatkan kreativitas anak. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan percobaan sains. Subjek pelaksanaan tindakan adalah anak kelompok B TKIT Al Hasna Gondang yang berjumlah 21 anak. Tehnik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Indikator kinerja dalam penelitian tindakan kelas ini adalah diharapkan dengan menggunakan percobaan sains dapat meningkatkan kreativitas anak TKIT Al Hasna Gondang Kecamatan Kebonarum Kabupaten Klaten tahun ajaran 2012/2013 meningkat minimal 80% dari 21 anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan kreativitas anak melalui percobaan sains, yakni kreativitas pra siklus sebanyak 5 anak (23,80%), peningkatan kreativitas siklus I sebanyak 11 anak (52,38%) dan peningkatan kreativitas siklus II meningkat menjadi 17 anak (80,95%). Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan ini, hipotesis yang menyatakan “Diduga melalui percobaan sains dapat meningkatkan kreativitas anak di kelompok B-1 TKIT Al Hasna Gondang Kecamatan Kebonarum Kabupaten Klaten tahun ajaran 2012/2013” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kreativitas, percobaan sains. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 23 Nov 2012 05:21 |
Last Modified: | 23 Nov 2012 05:21 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21465 |
Actions (login required)
View Item |