Sujiwati, Sujiwati (2012) Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Jigsaw Pada Siswa Kelas V Semester I SDN Pesagi 02 Kec. Kayen Kab. Pati Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
3._Halaman_Depan.pdf Download (374kB) |
|
|
PDF (BAB I)
4._BAB_I.pdf Download (45kB) |
|
PDF (BAB II)
4._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (85kB) |
||
PDF (BAB III)
4._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (71kB) |
||
PDF (BAB IV)
4._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) |
||
PDF (BAB V)
4._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (31kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
5._Daftar_Pustaka.pdf Download (22kB) |
|
PDF (Lampiran)
6._Lampiran-Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (864kB) |
||
PDF (Naskah Publikasi)
2._Naskah_Publikasi_Ilmiah.pdf Restricted to Repository staff only Download (474kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar melalui penerapan metode pembelajaran Jigsaw.Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V Semester I SD Negeri Pesagi 02 yang berjumlah 25 siswa.Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru.Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes.Teknik uji validitas data menggunakan bentuk trianggulasi sumber dan trianggulasi waktu. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari 3 komponen, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian meliputi tahap: identifikasi masalah, persiapan, penyusunan rencana tindakan, implementasi tindakan, pengamatan, dan penyusunan rencana. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Matematika.Adapun peningkatan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Matematika dapat dilihat dari perolehan nilai siswa dalam evaluasi pembelajaran yang meningkat dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I persentase motivasi belajar siswa sebesar 68% atau 17 siswa dan pada siklus II sebesar 88% atau 22 siswa. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan metode pembelajaran Jigsawdapat meningkatkan motivasi belajar.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi belajar siswa, metode Jigsaw |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 22 Nov 2012 16:10 |
Last Modified: | 22 Nov 2012 16:12 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21464 |
Actions (login required)
View Item |