AMIN, WACHID (2012) Peningkatan Motivasi Belajar Pkn Melalui Metode embelajaran Discovery Pada Siswa Kelas IV.A SDIT Arofah Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (527kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (56kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (142kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (124kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (684kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (77kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (331kB) |
Abstract
Tujuan umum penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar pembelajaran PKn pada siswa kelas IVI A SDIT Arofah Boyolali melalui penggunaan metode pembelajaran discovery. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas IV A SDIT Arofah Boyolali yang berjumlah 26 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan atau nara sumber, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktifitas pembelajaran dan dokumen atau arsip. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PKn siswa kelas IV A SDIT Arofah Boyolali, yaitu dari 26 siswa sebelum dilakukan penelitian nilai rata-rata siswa 62,07 pada siklus I putaran I nilai rata-rata siswa 66,96 pada putaran II nilai rata-rata siswa 70,73 pada siklus II putaran I nilai rata-rata siswa 75,58 dan pada putaran II nilai rata-rata siswa 76,38. Siswa yang Termotivasi memperhatikan penjelasan guru di kelas sebelum dilakukan penelitian ada 12 siswa (46,15%), pada siklus I putaran I 18 siswa (69,23%) putaran II 21 siswa (80,76%) dan siklus II ada 24 siswa (92,30%). Siswa yang Termotivasi bertanya terhadap materi yang belum dipahami sebelum dilakukan penelitian ada 7 siswa (26,92%), pada siklus I putaran I ada 16 siswa (61,53%), putaran II ada 20 siswa (76,92%) dan siklus II ada 22 siswa (84,61%). Siswa yang Termotivasi menjawab pertanyaan sebelum dilakukan penelitian ada 9 siswa (34,61%), pada siklus I putaran I ada 16 siswa (61,53%), putaran II ada 20 siswa (76,92%) dan siklus II ada 21 siswa (80,76%). Sedangkan Siswa yang Termotivasi mengerjakan latihan soal sebelum dilakukan penelitian ada 13 siswa (50%), pada siklus I putaran I ada 20 siswa (76,92%), putaran II ada 22 siswa (84,61%) dan siklus II ada 26 siswa (100%).
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan Motivasi Belajar, Metode Discovery |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 22 Nov 2012 12:18 |
Last Modified: | 22 Nov 2012 12:19 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21461 |
Actions (login required)
View Item |