Astuti, Puji (2012) Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui ermainan Kereta Bernomor Pada Anak Kelompok B Di TK Trisula Perwari IV Semangkak Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (645kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I___puji.pdf Download (85kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II__puji.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III_puji.pdf Restricted to Repository staff only Download (202kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV__puji.pdf Restricted to Repository staff only Download (208kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V__puji.pdf Restricted to Repository staff only Download (54kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA_puji.pdf Download (113kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (380kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak melalui permainan kereta bernomor di kelompok B TK Trisula Perwari IV Semangkak, Kecamatan Klaten Tengah, Kabupaten Klaten tahun pelajaran 2012/2013. Sebelum diberikan tindakan, kemampuan berhitung permulaan anak masih rendah. Penelitian ini menawarkan metode permainan kereta bernomor untuk mengatasi permasalahan tersebut. Subjek pelaksanaan tindakan adalah anak kelompok B di TK Trisula Perwari IV yang berjumlah 17 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi sistematis dan wawancara. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Prosedur dalam penelitian ini meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Indikator kinerja dalam penelitian tindakan kelas ini adalah diharapkan dengan permainan kereta bernomor dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak kelompok B TK Trisula Perwari IV Klaten tahun pelajaran 2012/2013 meningkat minimal 76% dari 17 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berhitung permulaan anak sebelum diadakan tindakan dengan permainan kereta bernomor hanya ada sebanyak 3 anak (17,64%). Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu menerapkan permainan kereta bernomor siklus I, kemampuan berhitung permulaan anak meningkat menjadi 9 anak (52,94%) dan siklus II menjadi 14 anak (82,35%). Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan kelas ini, hipotesis yang menyatakan “diduga melalui permainan kereta bernomor dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak di kelompok B TK Trisula Perwari IV Semangkak Klaten tahun ajaran 2012/2013” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan berhitung permulaan, permainan kereta bernomor |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 22 Nov 2012 12:17 |
Last Modified: | 22 Nov 2012 12:26 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21460 |
Actions (login required)
View Item |