Peningkatan Kemampuan Bercerita Melalui Pemanfaatan Media Gambar Pada Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Kraguman 02 Jogonalan Klaten Tahun 2012

Juwaeni, Yayuk (2012) Peningkatan Kemampuan Bercerita Melalui Pemanfaatan Media Gambar Pada Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Kraguman 02 Jogonalan Klaten Tahun 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
3._HALAMAN_DEPAN_SKRIPSI.pdf

Download (339kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._HALAMAN_DEPAN_SKRIPSI.pdf

Download (339kB)
[img] PDF (Bab II)
5._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] PDF (Bab III)
6._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] PDF (Bab IV)
7._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img] PDF (Bab V)
8._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (50kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
2._Jurnal_Yayuk.pdf

Download (233kB)

Abstract

Tujuan Penelitian adalah meningkatkan kemampuan bercerita melalui pemanfaatan media gambar pada anak kelompok B Taman Kamak-Kanak Pertiwi Kraguman 02 tahun pelajaran 2012/2013. Subjek penelitian adalah anak taman Kanak-kana Pertiwi Kraguman 02 Jogonalan, Klaten yang berjumlah 14 anak. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif model interaktif yang meliputi: reduksi, sajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitain berupa kesimpulan bahawa: (1) Pemanfaatan media gambar dalam pembelajaran bercerita dapat meningkatkan keterampilan bercerita siswa kelompok B Taman Kanak-Kanak Pertiwi Kraguman 02 tahun pelajaran 2012/2013. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan rata-rata hasil belajar dari 14,3% pada kondisi awal, menjadi 64,3% pada siklus I, dan 93,9% pada siklus II, dan peningkatan persentase ketuntasan dari 45% pada kondisi awal menjadi 63% pada siklus I, dan 81% pada siklus II, (siklus akhir).(2) Hipotesis tindakan yang berbunyi: Pemanfaatan media gambar dalam pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan bercerita siswa kelompok B Taman Kanak-Kanak Pertiwi Kraguman 02 tahun pelajaran 2012/2013, dapat diterima. Hal ini terbukti dengan keterangan-keterangan yang diperoleh selama penelitian

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Bercerita, Media Gambar, TK Pertiwi Kraguman 02 Jogonalan, Klaten
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Nov 2012 12:10
Last Modified: 22 Nov 2012 12:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21458

Actions (login required)

View Item View Item