Upaya Peningkatan Keterampilan Mengarang Melalui Media Gambar Seri Siswa Kelas Iv Mi Tlawong Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013

Salim, Agus (2012) Upaya Peningkatan Keterampilan Mengarang Melalui Media Gambar Seri Siswa Kelas Iv Mi Tlawong Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (495kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (119kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (56kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (341kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan keterampilan mengarang dalam mata pelajaran bahasa Indonesia melalui media gambar berseri pada siswa kelas IV MI Tlawong kecamatan Sawit kabupaten Boyolali tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian kolaboratif antara peneliti sebagai pelaku tindakan dan guru kelas sebagai subyek yang membantu pelaksanaan. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV MI Tlawong dan guru kelas IV. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan mengacu pada analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Langkah-langkah penelitian tindakan kelas ini meliputi 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pelaksanaan penelitian dilakukan selama 2 siklus dengan setiap siklus hanya sekali pertemuan. Penelitian tindakan kelas ini menghasilkan rata-rata nilai prasiklus 43,12 dengan ketuntatasan belajar yang diperoleh 12,5 %, pada siklus I rata-rata nilai yang diperoleh 68,87 dengan ketuntasan belajar 68,75 %, dan pada siklus II rata-rata nilai yang diperoleh 77,5 dengan ketuntasan belajar 93,75 %. Hasil penelitian menunjukan ada peningkatan nilai mengarang siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar berseri dalam pembelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan keterampilan mengarang siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keterampilan mengarang, gambar berseri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 22 Nov 2012 11:57
Last Modified: 22 Nov 2012 13:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21453

Actions (login required)

View Item View Item