RAHMAWATI, IKA FITRI (2012) Hubungan Antara Motivasi Kerja Dengan Profesionalisme Guru. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_1.pdf Download (90kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (117kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (114kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._daftar_pustaka.pdf Download (74kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._naskah_publikasi.pdf Download (1MB) |
Abstract
Berdasarkan amanat Undang-undang Guru dan Dosen (UUGD) dan Peraturan Pemerintah tentang Standar Nasional Pendidikan bahwa guru adalah sebuah pekerjaan profesional, maka usaha untuk menjadikan guru sebagai suatu pekerjaan profesional semakin intensif dilakukan. Langkah awal yang telah dibuat adalah melakukan sertifikasi kepada guru-guru dalam jabatan sebagai suatu bentuk pengakuan terhadap status profesionalisme mereka. Melalui program sertifikasi diharapkan guru dapat meningkatkan mutu profesionalismenya melalui peningkatan mutu proses dan hasil pembelajaran, serta peningkatan kinerja dan mutu pendidikan secara nasional. Namun demikian, keluhan tentang sertifikasi guru sudah mulai bermunculan. Secara nasional tidak terlihat peningkatan yang berarti dalam hasil belajar dan mutu pendidikan secara umum. Indikator sederhana dapat dilihat dari perolehan hasil belajar secara nasional lewat UN (Payong, 2011). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi kerja dengan profesionalisme guru. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu ada hubungan positif antara motivasi kerja dengan profesionalisme guru. Sampel untuk try out sebanyak 73 guru dan untuk penelitian sebanyak 72 guru. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknik pengampilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Sampel yang digunakan adalah guru yang bersertifikasi. Alat ukur yang digunakan adalah skala motivasi kerja dan skala profesionalisme guru. Analisis data yang digunakan adalah product moment dan perhitungan menggunakan SPSS 15.0 for windows. Dari hasil analisis data diketahui ada hubungan positif yang sangat signifikan antara motivasi kerja dengan profesionalisme guru. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan positif antara motivasi kerja dengan profesionalisme guru.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi kerja, profesionalisme guru, guru sertifikasi |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 22 Nov 2012 11:29 |
Last Modified: | 22 Nov 2012 11:29 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21443 |
Actions (login required)
View Item |