Naniwah, Naniwah (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Melalui Permainan Tata Angka Pada Anak Kelompok B TK ABA Jatimulyo I Pedan Klaten Semester I Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (290kB) |
|
|
PDF (BAB I)
03._BAB_I.pdf Download (55kB) |
|
PDF (BAB II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (97kB) |
||
PDF (BAB III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) |
||
PDF (BAB IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (142kB) |
||
PDF (BAB V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (6kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (321kB) |
||
PDF (Naskah Publikasi)
01._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) |
Abstract
Penelitian tindakan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif melalui permainan tata angka anak kelompok B di TK ABA Jatimulyo I Pedan Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 3 siklus. Subyek penelitian yaitu peserta didik kelompok B TK ABA Jatimulyo I Pedan yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Data yang dikumpulkan adalah daa tentang kemampuan kognitif anak dan prosedur pembelajaran permainan tata angka. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi untuk mengamati proses pembelajaran melalui permainan tata angka dan mengamati tindakan guru saat menerapkan permainan tata angka dan catatan lapangan digunakan untuk membantu mengurangi penyimpangan dalam pengumpulan data. Analisis data yang digunakan dengan analisis diskriptif komparatif dengan membandingkan hasil amatan dengan indikator pencapaian setiap siklus, dari kondisi prasiklus, siklus I, siklus II dan siklus III dan analisis interaktif untuk mengetahui pembelajaran melalui permainan tata angka. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan kognitif anak di TK ABA Jatimulyo I Pedan Klaten mengalami peningkatan, hal tersebut dapat dilihat dari hasil prosentase prasiklus 34,34%, siklus I mencapai 51,66 %, siklus II mencapai 70,78 %, dan pada siklus III mencapai 79,98. Kesimpulan penelitian ini adalah permainan tata angka dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak di TK ABA Jatimulyo I pedan Klaten.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kognitif, permainan, tata angka |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 22 Nov 2012 11:09 |
Last Modified: | 22 Nov 2012 11:22 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21442 |
Actions (login required)
View Item |