Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Melalui Permainan Tata Angka Pada Anak Kelompok B TK ABA Jatimulyo I Pedan Klaten Semester I Tahun Ajaran 2012/2013

Naniwah, Naniwah (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Melalui Permainan Tata Angka Pada Anak Kelompok B TK ABA Jatimulyo I Pedan Klaten Semester I Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (290kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
03._BAB_I.pdf

Download (55kB)
[img] PDF (BAB II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] PDF (BAB III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] PDF (BAB IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] PDF (BAB V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (6kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
01._NASKAH_PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)

Abstract

Penelitian tindakan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif melalui permainan tata angka anak kelompok B di TK ABA Jatimulyo I Pedan Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 3 siklus. Subyek penelitian yaitu peserta didik kelompok B TK ABA Jatimulyo I Pedan yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Data yang dikumpulkan adalah daa tentang kemampuan kognitif anak dan prosedur pembelajaran permainan tata angka. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi untuk mengamati proses pembelajaran melalui permainan tata angka dan mengamati tindakan guru saat menerapkan permainan tata angka dan catatan lapangan digunakan untuk membantu mengurangi penyimpangan dalam pengumpulan data. Analisis data yang digunakan dengan analisis diskriptif komparatif dengan membandingkan hasil amatan dengan indikator pencapaian setiap siklus, dari kondisi prasiklus, siklus I, siklus II dan siklus III dan analisis interaktif untuk mengetahui pembelajaran melalui permainan tata angka. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan kognitif anak di TK ABA Jatimulyo I Pedan Klaten mengalami peningkatan, hal tersebut dapat dilihat dari hasil prosentase prasiklus 34,34%, siklus I mencapai 51,66 %, siklus II mencapai 70,78 %, dan pada siklus III mencapai 79,98. Kesimpulan penelitian ini adalah permainan tata angka dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak di TK ABA Jatimulyo I pedan Klaten.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kognitif, permainan, tata angka
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 22 Nov 2012 11:09
Last Modified: 22 Nov 2012 11:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21442

Actions (login required)

View Item View Item