Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Pendekatan Kontekstual Kelas Iv Sd Negeri Bantengurip Tahun 2012/2013

YULIANA, YULIANA (2012) Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Pendekatan Kontekstual Kelas Iv Sd Negeri Bantengurip Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
2._Hal_Depan_Yuli_new.pdf

Download (190kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I_Yuli.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II_Yuli.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III_Yuli.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV_Yuli.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (590kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V_Yuli.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
8._Dapust_Yuli.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._Lampiran_Yuli_new.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
11._Naskah_Publikasi_Yuli_new.pdf

Download (188kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar melalui pendekatan pembelajaran kontekstual. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Bantengurip yang berjumlah 28 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik uji validitas data menggunakan bentuk trianggulasi sumber dan trianggulasi waktu. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari 3 komponen, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian meliputi tahap: identifikasi masalah, persiapan, penyusunan rencana tindakan, implementasi tindakan, pengamatan, dan penyusunan rencana. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA (Sains). Adapun peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA (Sains) dapat dilihat dari perolehan nilai siswa dalam evaluasi pembelajaran yang meningkat dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I persentase hasil belajar siswa sebesar 64,28% dan pada siklus II sebesar 100%. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA (Sains) di kelas IV SD Negeri Bantengurip Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, pendekatan pembelajaran kontekstual.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 22 Nov 2012 11:01
Last Modified: 22 Nov 2012 13:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21436

Actions (login required)

View Item View Item