Widiastuti, Endang (2012) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Dengan Tehnik Berpikir Berpasangan Berempat Siswa Kelas IV SDN Klumpit Pati. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._halaman_depan_lengkap.pdf Download (503kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (20kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (164kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (152kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (225kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSATAKA.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._lampiran_lengkap.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._naskah_publikasi.pdf Download (485kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika kelas IV SDN Klumpit. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN Klumpit yang berjumlah 20 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adala siswa dan guru. Bentuk peneitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Tehnik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi dan tes, tehnik validasi data menggunakan bentuk trianggulasi sumber. Tehnik analisis data menggunakan deskripsi komparatif, deskriptif, model interaktif dan data hasil evaluasi. Prosedur penelitian meliputi tahap identifikasi masalah, persiapan, penyusunan rencana, tindakan, implementasi tindakan, pengamatan dan analisis data. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan dalam hasil belajar matematika kelas IV SDN Klumpit. Adapun hasil belajar dapat dilihat dari perolehan nilai siswa yang meningkat dari siklus I dann siklus II. Pada siklus I pertemuan I jumlah siswa yang tuntas 11 siswa dari 20 siswa dengan presentase 55%. Pada siklus I pertemuan II jumlah siswa yang tuntas adalah 14 siswa dari 20 siswa dengan presentase 70%. Dan siklus II jumah siswa yang tuntas adalah 17 siswa dari 20 siswa dengan presentase 85%. Hal ini menunjukan bahwa dengan menggunakan tahnik berpikir berpasangan berempat dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Klumpit.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar matematika, tehnik berpikir berpasangan berempat |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 22 Nov 2012 10:49 |
Last Modified: | 22 Nov 2012 14:22 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21430 |
Actions (login required)
View Item |