Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievment Divisions (Stad) Bagi Siswa Kelas Iv Sd Puri 01 Kecamatan Pati Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2012 / 2013

HARTATI , SRI (2012) Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievment Divisions (Stad) Bagi Siswa Kelas Iv Sd Puri 01 Kecamatan Pati Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
PDF_(HALAMAN_DEPAN).pdf

Download (297kB)
[img] PDF (Bab I)
PDF_(FILE_BAB_1).pdf

Download (90kB)
[img] PDF (Bab II)
PDF_(FILE_BAB_2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img] PDF (Bab III)
PDF_(FILE_BAB_3).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (706kB)
[img] PDF (Bab IV)
PDF_(FILE_BAB_4).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (419kB)
[img] PDF (Bab V)
PDF_(FILE_BAB_5).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] PDF (Daftar pustaka)
PDF_(DAFTAR_PUSTAKA).pdf

Download (205kB)
[img] PDF (Lampiran)
PDF_(LAMPIRAN).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (407kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV dengan penerapan model pembelajaran (STAD). Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN Puri 01 yang berjumlah 26 siswa. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, tes dan catatan lapangan.. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis diskriptif komparatif dan interaktif yang terdiri dari 3 komponen yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing–masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan dalam hasil belajar IPA siswa. Adapun peningkatan hasil pembelajaran dapat dilihat dari perolehan nilai siswa dalam pembelajaran IPA yang meningkat dari siklus I dan siklus II. Pada keadaan awal ketuntasan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA sebesar 27% atau hanya 7 siswa yang tuntas, dan pada siklus I naik menjadi sebesar 50% atau 13 siswa serta pada siklus II pembelajaran dapat meningkat menjadi 88% atau 23 siswa yang tuntas. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan metode permbelajaran (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar IPA, metode belajar kelompok (STAD)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 22 Nov 2012 10:40
Last Modified: 22 Nov 2012 14:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21427

Actions (login required)

View Item View Item