Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Permainan Kartu Angka Dan Gambar Pada Anak Kelompok B Di TK Kanisius Sidowayah Klaten Tahun Ajaran 2012/2013

Apsari, Th.Eri Retno (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Permainan Kartu Angka Dan Gambar Pada Anak Kelompok B Di TK Kanisius Sidowayah Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (234kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (156kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img]
Preview
PDF (daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (88kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
JURNAL_PUBLIKASI.pdf

Download (235kB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini dengan permainan kartu angka dan gambar di TK Kanisius Sidowayah Klaten tahun ajaran 2012/2013. Subjek pelaksanaan tindakan ini adalah anak kelompok B di TK Kanisius Sidowayah, yang berjumlah 20 anak. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Prosedur penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif komparatif yaitu membandingkan hasil persentase pencapaian setiap anak dengan persentase keberhasilan yang telah ditentukan peneliti pada setiap siklusnya. Hasil penelitian ini adalah terjadi peningkatan kemampuan kognitif anak melalui permainan kartu angka dan gambar. Kemampuan kognitif anak pada pra siklus mencapai 40,375%, siklus pertama meningkat 66%, dan siklus kedua menjadi 80,375%. Selain itu, dapat disimpulkan bahwa variasi dalam pembelajaran mempunyai peranan yang sangat penting dalam peningkatan kemampuan kognitif melalui permainan kartu angka dan gambar. Dengan demikian, dapat terbukti bahwa penerapan permainan kartu angka dan gambar dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok B di TK Kanisius Sidowayah tahun ajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan kognitif, permainan kartu angka dan gambar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 22 Nov 2012 10:30
Last Modified: 22 Nov 2012 14:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21423

Actions (login required)

View Item View Item