Upaya Peningkatan Kemampuan Berbahasa Melalui Metode Bercerita Menggunakan Papan Flanel Pada Anak Kelompok B TK Pertiwi Sawahan I Sawahan, Juwiring, Klaten Tahun Ajaran 2012/2013

Sulastri, Sri (2012) Upaya Peningkatan Kemampuan Berbahasa Melalui Metode Bercerita Menggunakan Papan Flanel Pada Anak Kelompok B TK Pertiwi Sawahan I Sawahan, Juwiring, Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (243kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (57kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (89kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_JURNAL_PUBLIKASI.pdf

Download (312kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berbahasa melui metode bercerita menggunakan papan flanel pada anak kelompok B TK Pertiwi Sawahan I Juwiring Klaten. Penelitian ini menggunakan subjek anak-anak kelompok B TK Pertiwi Sawahan I yang berjumlah 20 anak dan terdiri dari 12 putra dan 8 putri. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan dalam dua siklus yang tiap siklusnya terdiri dari 3 pertemuan dan tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan serta analisis dan refleksi. Observasi dan dokumentasi adalah cara memperoleh data, teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif komparatif. Hasil dari penelitian ini adalah melalui metode bercerita dengan menggunakan papan flanel dapat meningkatan kemampuan berbahasa anak. Kemampuan berbahasa dapat meningkat melalui metode bercerita dengan menggunakan papan flanel dapat dilihat dari meningkatnya kemampuan berbahasa yang selalu meningkat dari prasiklus (sebelum tindakan) 44,25%, siklus I 60,64%, dan siklus II 81,33%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berbahasa, metode bercerita, papan flanel
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Nov 2012 08:16
Last Modified: 22 Nov 2012 08:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21418

Actions (login required)

View Item View Item