Peningkatan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Metode Bercerita Dengan Gambar Seri Pada Anak Kelompok A1 Di TK Maria Assumpta Klaten Tahun Pelajaran 2012-2013

Supadmi, Maria Eny (2012) Peningkatan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Metode Bercerita Dengan Gambar Seri Pada Anak Kelompok A1 Di TK Maria Assumpta Klaten Tahun Pelajaran 2012-2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER.pdf

Download (644kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (100kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB__III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (92kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (413kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak melalui metode bercerita dengan gambar seri pada anak kelompok A1 di Taman Kanak-Kanak Maria Assumpta Klaten tahun pelajaran 2012-2013. Sebelum diberikan tindakan, kemampuan berbahasa anak kurang dan guru sudah mengupayakan alternatif pemecahannya dengan menggunakan beberapa metode. Penerapan metode tersebut ternyata belum mampu meningkatkan kemampuan berbahasa anak. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode bercerita gambar seri. Subjek pelaksanaan tindakan adalah anak kelompok A1 Taman Kanak-Kanak Maria Assumpta Klaten yang berjumlah 16 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Indikator kinerja dalam penelitian tindakan kelas ini adalah diharapkan dengan metode bercerita gambar seri dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak pada anak kelompok A1 di Taman Kanak-Kanak Maria Assumpta Klaten tahun pelajaran 2012-2013 meningkat minimal 80% dari 16 anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kemampuan berbahasa anak sebelum diadakan tindakan dengan menggunakan metode bercerita gambar seri sebanyak 4 anak (25%). Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu menerapkan metode bercerita dengan gambar seri siklus I kemampuan berbahasa anak meningkat menjadi 9 anak (56,25%), dan pada siklus II kemampuan berbahasa anak meningkat menjadi sebanyak 14 anak (87,50%). Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian ini, terbukti bahwa melalui “Metode bercerita dengan gambar seri dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak pada anak kelompok A1 di Taman Kanak-Kanak Maria Assumpta Klaten tahun pelajaran 2012-2013

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Bercerita, Gambar Seri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Nov 2012 08:06
Last Modified: 22 Nov 2012 08:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21417

Actions (login required)

View Item View Item