Waheliningtyas, Tri (2012) Upaya Meningkatkan Pemahaman Bagian-Bagian Rangka Manusia dan Fungsinya Melalui Metode STAD ( Student Teams Achievement Division ) Pada Siswa Kelas IV SDN Jepatkidul Tayu Pati Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan_Pdf.pdf Download (623kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._Bab_I_Pdf.pdf Download (81kB) |
|
PDF (Bab II)
05_Bab_III_Pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (138kB) |
||
PDF (Bab III)
06._Bab_IV_Pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (426kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._Bab_V_Pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (160kB) |
||
PDF (Bab V)
08._Daftar_Pustaka_Pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (82kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka_Pdf.pdf Download (82kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._Lampiran_Pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (487kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi_Pdf.pdf Download (382kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman bagian-bagian rangka manusia dan fungsinya siswa kelas IV dengan metode STAD. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN Jepatkidul yang berjumlah 18 siswa.Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian TindakanKelas (PTK).Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, tes, dan catatan lapangan. Teknik uji validitas data menggunakan bentuk trianggulasi sumber dan trianggulasi waktu.Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari 3 komponen, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian meliputi tahap: identifikasi masalah, persiapan, penyusunan rencana tindakan, implementasi tindakan, pengamatan, dan penyusunan rencana. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing–masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam pemahaman bagian-bagian rangka manusia dan fungsinya . Adapun peningkatan pembelajaran dapat dilihat dari perolehan nilai siswa dalam pembelajaran IPA yang meningkat dari siklus I dan siklus II . Pada pra siklus persentase ketuntasan belajar siswa dalam pembelajaran IPA sebesar 33% atau 9 siswa serta pada siklus I sebesar 67% atau 12 siswa, pada siklus II sebesar 88 % atau 16 siswa. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan metode STAD mampu meningkatkan pemahaman bagian-bagian rangka manusia dan fungsinya siswa kelas IV SDN Jepatkidul Kec.Tayu Pati.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman bagian-bagian rangka manusia dan fungsinya, metode STAD |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 21 Nov 2012 12:50 |
Last Modified: | 21 Nov 2012 12:50 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21395 |
Actions (login required)
View Item |