SUWARTINI, DWI (2012) Peningkatan Kemampuan Mengenal Angka Melalui Media Kancing Baju Pada Anak TK Pertiwi Temuwangi Pedan Klaten 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (355kB) |
|
|
PDF (BAB I)
04_BAB_I.pdf Download (20kB) |
|
PDF (BAB II)
05_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (71kB) |
||
PDF (BAB III)
06_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (74kB) |
||
PDF (BAB IV)
07_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (155kB) |
||
PDF (BAB V)
08_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (22kB) |
||
|
PDF (daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
|
PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (77kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02_JURNAL_PUBLIKASI.pdf Download (248kB) |
Abstract
Pembelajaran dengan media kancing baju ternyata hanya menghasilkan 4 2% anak yang nmampu mengenal angka dengan baik. Padahal harapan guru kemampuan mengenal angka sebesar 80% dari juml ah anak yang mampu melaksanakan pembelajaran melalui media kancing baju. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka anak melalui media kancing baju pada anak TK Pertiwi Temuwangi Pedan kabupaten Klaten tahu n ajaran 2012/2013 Penelitian tindakan kelas ini menggunakan setting TK Pertiwi Temuwangi Pedan Klaten Data tentang prilaku guru, perilaku siswa, dan situasi kelas dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, sedangkan data tentang kemampuan mengenal angka dikumpulkan dengan metode penugasan. Analisis data dengan tehnik analisis kritis untuk proses dan tehnik analisis kompar atif untuk kemampuam mengenal angka dikumpulkam dengan media kancing baju. Kesimpulan ha sil penelitian ini ada lah bahwa pengguna an media kancing baju dapa t meningkatkan kemampuam mengenal angka pada anak d i TK Pertiwi Temuwangi Pedan Klaten. Adapun langkah - lanhkah penggunaan media kancing baju yang berhasil sebagai berikut (a) menyiapkan media sebelum anak memasukli ruangan, (b) menjelaskan terlebih dahulu kegiatan yang akan dilakukan, ( c ) menjelaskan media yang akan digunakan, (d) menkondisikan suasa yang menyenangkan dan memberi variasi kegiatan yang penunjang,(e) menghubungkan angka dengan lambang bilangan dan menghitung jumlah kancing baju, (f) menugaskan anak secara individu dengan lembar kerja anak, (g) memberi motivasi anak yang belum mampu.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuam mengenal angka, media kancing baju |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 21 Nov 2012 11:57 |
Last Modified: | 21 Nov 2012 13:26 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21383 |
Actions (login required)
View Item |