Mahanani, Asri Puji (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Pada Anak Kelompok Bermain Dengan Metode Pemberian Tugas Di KBTKIT Mutiara Hati Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
02__HALAMAN_DEPAN.pdf Download (408kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03__BAB_I.pdf Download (65kB) |
|
PDF (Bab II)
04__BAB_II.pdf Restricted to Registered users only Download (87kB) |
||
PDF (Bab III)
05__BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (209kB) |
||
PDF (Bab IV)
06__BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (158kB) |
||
PDF (Bab V)
07__BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
08__DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (9kB) |
|
|
PDF (Naskah publikasi)
11_NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (174kB) |
|
PDF (Lampiran)
09__LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal warna anak melalui metode pemberian tugas di kelompok bermain KBTKIT Mutiara Hati Klaten tahun ajaran 2012/2013. Hal ini dikarenakan kemampuan mengenal warna anak di TK tersebut masih rendah, terbukti dengan sikap anak di saat mengikuti kegiatan masih ada yang diam saja serta tidak fokus dalam belajar warna dan guru sudah berupaya untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan berbagai metode. Namun belum ada perubahan. Solusi yang ditawarkan oleh peneliti untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan metode pemberian tugas. Subyeknya adalah anak KB 1 berjumlah 19 anak.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. PTK ini dilakukan melalui dua siklus. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Indikator dalam penelitian ini adalah diharapkan dengan menggunakan metode pemberian tugas dapat meningkatkan kemampuan mengenal warna pada anak didik KBTKIT Mutiara Hati Klaten tahun ajaran 2012/2013 meningkat minimal pada siklus I 60% dan siklus II 75% dari 19 anak. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengenal warna anak melalui metode pemberian tugas. Sebelum diadakan tindakan yang mampu sebanyak 5 anak (26%). Setelah dilakukan tindakan sesuai dengan yang disepakati pada siklus I kemampuan mengenal warna anak meningkat menjadi 11 anak (58%), dan siklus II meningkat lagi menjadi 15 anak (79%) Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan ini, hipotesis yang menyatakan “Diduga melalui metode pemberian tugas dapat meningkatkan kemampuan mengenal warna anak di kelompok bermain di KBTKIT Mutiara Hati Klaten, tahun ajaran 2012/2013” terbukti dan dapat diterima kebenarannya. Kata kunci: kemampuan mengenal warna, metode pemberian tugas
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan mengenal warna, metode pemberian tugas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 21 Nov 2012 11:42 |
Last Modified: | 21 Nov 2012 14:46 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21375 |
Actions (login required)
View Item |