Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Dalam Mengenal Konsep Melalui Bermain Kartu Angka Pada Kelompok B Di Tk Pertiwi Jimbung Klaten 2012/2013

Suratiyem, Suratiyem (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Dalam Mengenal Konsep Melalui Bermain Kartu Angka Pada Kelompok B Di Tk Pertiwi Jimbung Klaten 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
JURNAL_PUBLIKASI.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Pembelajaran tanpa media kartu angka ternyata hanya menghasilkan 58% anak yang nmampu mengenal konsep dengan baik. Padahal harapan guru kemampuan mengenal angka anak dapat mencapi 75% dari jumlah anak yang ada di TK Pertiwi Jimbung, Klaten. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengenal konsep melalui media kartu angka pada anak kelompok B di TK Pertiwi Jimbung kabupaten Klaten tahun ajaran 2012/2013 Penelitian tindakan kelas ini menggunakan setting TK Pertiwi Jimbung Klaten Data tentang prilaku guru, perilaku siswa, dan situasi kelas dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, sedangkan data tentang kemampuan kognitif dikumpulkan dengan metode penugasan. Analisis data dengan tehnik analisis kritis untuk proses dan tehnik analisis komparatif untuk kemampuam kognitif. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa penggunaan media kartu angka dapat meningkatkan kemampuam kognitif dalam mengenal konsep pada anak Kelompok B di TK Pertiwi Jimbung Klaten Tahun Ajaran 2012/2013 . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis media kartu angka dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal konsep pada anak usia dini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuam kognitif ,mengenal konsep,kartu angka
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 21 Nov 2012 11:14
Last Modified: 21 Nov 2012 15:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21367

Actions (login required)

View Item View Item