Nurrahmah, Erawati (2012) Penerapan Metode Hypnoteaching Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Anak Kelompok B Raudhatul Athfal Ulin Nuhaa Ngadiluwih Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar Semester I Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
COVER.pdf Download (505kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (57kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (430kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (107kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (211kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (325kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan anak melalui penerapan metode hypnoteaching. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah anak kelompok B (usia 5-6 tahun) di RA Ulin Nuhaa Ngadiluwih, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar pada semester 1 tahun pelajaran 2012/2013. Data mengenai kedisiplinan anak maupun penerapan metode hypnoteaching oleh guru dikumpulkan melalui observasi dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis komparatif dan analisis interaktif. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan adanya peningkatan kedisiplinan anak didik melalui penerapan metode hypnoteaching. Hasil ini dapat ditunjukkan dengan adanya kenaikan angka rata-rata kedisiplinan anak sejak sebelum diadakannaya tindakan sampai pada akhir penelitian yang dilaksanakan selama 3 siklus dengan 3 kali pertemuan dalam setiap siklus. Prosentase rata-rata kedisiplinan anak sebelum diadakan tindakan adalah 40,216 %, pada siklus I mencapai 66, 428 %, siklus II mencapai 77, 96 % dan siklus III mencapai angka rata-rata 88, 643%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode hypnoteaching dapat meningkatkan kedisiplinan anak kelompok B di RA Ulin Nuhaa Ngadiluwih Matesih, Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Hypnoteaching, Kedisiplinan Anak |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 21 Nov 2012 07:12 |
Last Modified: | 21 Nov 2012 07:14 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21336 |
Actions (login required)
View Item |