Penerapan Metode Hypnoteaching Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Anak Kelompok B Raudhatul Athfal Ulin Nuhaa Ngadiluwih Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar Semester I Tahun Pelajaran 2012 / 2013

Nurrahmah, Erawati (2012) Penerapan Metode Hypnoteaching Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Anak Kelompok B Raudhatul Athfal Ulin Nuhaa Ngadiluwih Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar Semester I Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER.pdf

Download (505kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (57kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (325kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan anak melalui penerapan metode hypnoteaching. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah anak kelompok B (usia 5-6 tahun) di RA Ulin Nuhaa Ngadiluwih, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar pada semester 1 tahun pelajaran 2012/2013. Data mengenai kedisiplinan anak maupun penerapan metode hypnoteaching oleh guru dikumpulkan melalui observasi dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis komparatif dan analisis interaktif. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan adanya peningkatan kedisiplinan anak didik melalui penerapan metode hypnoteaching. Hasil ini dapat ditunjukkan dengan adanya kenaikan angka rata-rata kedisiplinan anak sejak sebelum diadakannaya tindakan sampai pada akhir penelitian yang dilaksanakan selama 3 siklus dengan 3 kali pertemuan dalam setiap siklus. Prosentase rata-rata kedisiplinan anak sebelum diadakan tindakan adalah 40,216 %, pada siklus I mencapai 66, 428 %, siklus II mencapai 77, 96 % dan siklus III mencapai angka rata-rata 88, 643%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode hypnoteaching dapat meningkatkan kedisiplinan anak kelompok B di RA Ulin Nuhaa Ngadiluwih Matesih, Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Hypnoteaching, Kedisiplinan Anak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 21 Nov 2012 07:12
Last Modified: 21 Nov 2012 07:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21336

Actions (login required)

View Item View Item