PENGARUH MOTIVASI ORANG TUA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR DASAR AKUTANSI I MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN 2006/2007

Nugroho, Agus Didik (2008) PENGARUH MOTIVASI ORANG TUA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR DASAR AKUTANSI I MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA TAHUN 2006/2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A210040104.pdf

Download (98kB)
[img] PDF
A210040104.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (388kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) apakah ada pengaruh motivasi orang tua terhadap prestasi belajar Dasar Akuntansi I. 2) apakah pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar Dasar Akuntansi I. 3) apakah ada pengaruh motivasi orang tua dan minat belajar terhadap prestasi belajar Dasar Akuntansi I. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskripsi yang disertai dengan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa jurusan Pendidikan Akuntansi tahun 2006/2007 yang berjumlah 195 orang. Sampel sebanyak 50 orang mahasiswa diambil dengan teknik random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket yang sebelumnya diuji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji koefisien determinasi, uji F, uji t, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Motivasi orang tua berpengaruh posi tif terhadap prestasi belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Akuntansi FKIP UMS tahun 2006/2007. Terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh nilai thitung sebesar 3,376 diterima pada taraf signifikansi 5%. (2) Minat belajar berpengaruh positif terh adap prestasi belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Akuntansi FKIP UMS tahun 2006/2007. Terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh nilai t hitung sebesar 4,563 diterima pada taraf signifikansi 5%. (3) Motivasi orang tua dan minat belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Akuntansi FKIP UMS tahun 2006/2007. Terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh nilai F hitung sebesar 39,846 diterima pada taraf signifikansi 5%. Hasil persamaan garis regresi adalah sebagai berikut: Y = 0,317 + 0,037.X1 + 0,041.X2. Persamaan tersebut menunjukkan bahwa motivasi dari orang tua dan minat belajar mahasiswa berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mahasiswa. Hasil uji koefisien determinasi memperoleh nilai R2 sebesar 0,629 menunjukkan bahwa variabel motivasi orang tua dan minat belajar dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa sebesar 62,9%, sedangkan 37,1% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti .

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: motivasi orang tua, minat belajar, prestasi belajar Dasar Akuntansi I
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 05 Jun 2009 03:57
Last Modified: 17 Nov 2010 01:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2130

Actions (login required)

View Item View Item