Choiriyatun, Siti (2012) Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Dalam Mengenal Warna Dengan Metode Cooperative Learning Pada Kelompok A TK Ba Menden Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (515kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (80kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (176kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) |
||
PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) |
||
PDF (Bab V)
Bab_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (78kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (56kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (469kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal warna yang meliputi menyebut, menunjuk dan mengelompokkan warna, dalam pembelajaran melalui metode cooperative learning pada anak kelompok A TK BA Menden tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di TK BA Menden Kabupaten Klaten. Subyek penelitaian adalah anak TK BA Menden tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 12 anak yang terdiri dari 8 perempuan dan 4 anak laki-laki. Data kemampuan kognitif dalam mengenal warna dikumpulkan melalui observasi dan wawancara, sedangkan data pelaksanaan dengan metode cooperatif learning. Data dianalisis secara komperatif yaitu membandingkan hasil capaian anak dari prasiklus sampai siklus IIdengan indikator yang ditargetkan. Hasil analisisyang peneliti lakukan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan kognitif dalam mengenal warna dengan metode cooperatif learning. Hal ini diketahui dari hasil pada setiap siklus, yaitu pra siklus kemampuan kognitif dalam mengenal warna 44,01 %, siklus I meningkat menjadi 54,95 %, siklus II meningkat menjadi 83,07 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui metode cooperative learning dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal warna
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan, mengenal warna, cooperative learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 20 Nov 2012 05:37 |
Last Modified: | 20 Nov 2012 05:37 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21296 |
Actions (login required)
View Item |