Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Dalam Mengenal Warna Dengan Metode Cooperative Learning Pada Kelompok A TK Ba Menden Tahun Pelajaran 2012/2013

Choiriyatun, Siti (2012) Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Dalam Mengenal Warna Dengan Metode Cooperative Learning Pada Kelompok A TK Ba Menden Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (515kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (80kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (56kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (469kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal warna yang meliputi menyebut, menunjuk dan mengelompokkan warna, dalam pembelajaran melalui metode cooperative learning pada anak kelompok A TK BA Menden tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di TK BA Menden Kabupaten Klaten. Subyek penelitaian adalah anak TK BA Menden tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 12 anak yang terdiri dari 8 perempuan dan 4 anak laki-laki. Data kemampuan kognitif dalam mengenal warna dikumpulkan melalui observasi dan wawancara, sedangkan data pelaksanaan dengan metode cooperatif learning. Data dianalisis secara komperatif yaitu membandingkan hasil capaian anak dari prasiklus sampai siklus IIdengan indikator yang ditargetkan. Hasil analisisyang peneliti lakukan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan kognitif dalam mengenal warna dengan metode cooperatif learning. Hal ini diketahui dari hasil pada setiap siklus, yaitu pra siklus kemampuan kognitif dalam mengenal warna 44,01 %, siklus I meningkat menjadi 54,95 %, siklus II meningkat menjadi 83,07 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui metode cooperative learning dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal warna

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan, mengenal warna, cooperative learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 20 Nov 2012 05:37
Last Modified: 20 Nov 2012 05:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21296

Actions (login required)

View Item View Item