Suharyani, Suharyani (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Melalui Permainan Kartu Angka Dan Gambar Pada Anak Kelompok B Di TK Aba Troketon II Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (304kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04_BAB__I.pdf Download (13kB) |
|
PDF (Bab II)
05_BAB__II.pdf Restricted to Repository staff only Download (25kB) |
||
PDF (Bab III)
06_BAB__III.pdf Restricted to Repository staff only Download (29kB) |
||
PDF (Bab IV)
07_BAB__IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) |
||
PDF (Bab V)
08_BAB__V.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (7kB) |
|
PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (222kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui permainan kartu angka dan gambar pada anak kelompok B TK ABA Troketon II Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini secara khusus bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif anak khususnya dalam membila ng atau menyebut urutan bilangan 1-10, membilang menunjuk benda, mengelompokkan bentuk-bentuk geometri dan menghubungkan atau memasangkan lambang bilangan dengan benda sampai 10. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian tindakan ini adalah anak kelompok B di TK ABA Troketon II yang berjumlah 16 anak yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui metode observasi dan catatan lapangan. Analisis data dilaksanakan berdasarkan hasil observasi kegiatan pembelajaran maupun dari hasil tindakan yang telah dilakukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keberhasilan kemampuan kognitif anak melalui permainan kartu angka dan gambar pada anak kelompok B di TK ABA Troketon II, sebelum tindakan 38,9%, pada siklus I meningkat menjadi 51,4%, pada siklus II 72,18% dan pada siklus III mencapai 81,7%. Hasil penelitian ini suda h memenuhi indikator pencapaian. Hal ini membuktikan ba hwa model pembelajaran kognitif melalui permainan kartu angka dan gambar dapat dikatakan efektif dan berhasil dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok B di TK ABA Troketon II
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Kognitif, Permainan Kartu Angka dan Gambar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 20 Nov 2012 05:22 |
Last Modified: | 20 Nov 2012 05:22 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21295 |
Actions (login required)
View Item |