Sumarsih, Endang (2012) Peningkatan Kemampuan Berbahasa Melalui Metode Cerita Bergambar Di Kelompok B TK Pertiwi Mojayan I Klaten Tengah Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_AWAL.pdf Download (412kB) |
|
|
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf Download (32kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (26kB) |
||
PDF (BAB III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (66kB) |
||
PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
||
PDF (BAB V)
bab_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (24kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (49kB) |
||
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (179kB) |
Abstract
Berbahasa melalui metode cerita bergambar pada anak Kelompok B TK Pertiwi Mojayan 1 Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013. Subjek dalam penelitian ini adalah anak Kelompok B TK Pertiwi Mojayan 1 Klaten yang berjumlah 20 anak. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas, dan kepala sekolah. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan pengukuran kemampuan anak. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif, dengan dua siklus, dimana setiap siklusnya dilakukan tiga kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berbahasa pada anak usia dini di TK Pertiwi Mojayan 1 melalui metode cerita bergambar. Sebelum tindakan, kemampuan berbahasa hanya dimiliki oleh 5 anak (25%). Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu menerapkan metode multisensori pada siklus I kemampuan membaca permulaan meningkat menjadi 9 anak (45%), dan siklus II meningkat menjadi 12 anak (75%). Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian ini, hipotesis yang menyatakan “Diduga melalui metode cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak TK Pertiwi Mojayan 1 Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013” terbukti dan dapat diterima kebenarannya..
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode cerita bergambar, kemampuan berbahasa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 19 Nov 2012 11:36 |
Last Modified: | 19 Nov 2012 12:39 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21283 |
Actions (login required)
View Item |