Peningkatan Kemampuan Berbahasa Melalui Metode Cerita Bergambar Di Kelompok B TK Pertiwi Mojayan I Klaten Tengah Tahun Ajaran 2012/2013

Sumarsih, Endang (2012) Peningkatan Kemampuan Berbahasa Melalui Metode Cerita Bergambar Di Kelompok B TK Pertiwi Mojayan I Klaten Tengah Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (412kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (BAB V)
bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)

Abstract

Berbahasa melalui metode cerita bergambar pada anak Kelompok B TK Pertiwi Mojayan 1 Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013. Subjek dalam penelitian ini adalah anak Kelompok B TK Pertiwi Mojayan 1 Klaten yang berjumlah 20 anak. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas, dan kepala sekolah. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan pengukuran kemampuan anak. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif, dengan dua siklus, dimana setiap siklusnya dilakukan tiga kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berbahasa pada anak usia dini di TK Pertiwi Mojayan 1 melalui metode cerita bergambar. Sebelum tindakan, kemampuan berbahasa hanya dimiliki oleh 5 anak (25%). Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu menerapkan metode multisensori pada siklus I kemampuan membaca permulaan meningkat menjadi 9 anak (45%), dan siklus II meningkat menjadi 12 anak (75%). Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian ini, hipotesis yang menyatakan “Diduga melalui metode cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak TK Pertiwi Mojayan 1 Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013” terbukti dan dapat diterima kebenarannya..

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode cerita bergambar, kemampuan berbahasa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 19 Nov 2012 11:36
Last Modified: 19 Nov 2012 12:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21283

Actions (login required)

View Item View Item