Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Permainan Balok Pada Anak Kelompok B TK ABA VII Bareng Klaten Tahun Ajaran 2012 / 2013

Warsini, Warsini (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Permainan Balok Pada Anak Kelompok B TK ABA VII Bareng Klaten Tahun Ajaran 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[img] PDF (Nadkah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (752kB)

Abstract

Pembelajaran dengan media balok ternyata meghasilkan 47,85% anak yang mampu bermain balok dengan baik, padahal harapan guru adalah maksimal 75% dari jumlah anak yang mampu bermain balok. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kemampuan motorik halus anak melalui permainan balok pada kelompok B TK ABA VII Bareng tahun ajaran 2012/2013. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan setting di TK ABA VII Bareng, Kecamatan Klaten, Tengah Kabupaten Klaten. Data tentang perilaku guru, perilaku siswa, dan situasi kelas dikumpulkan dengan metode obsevasi, sedangkan data tentang kemampuan motorik halus anak dikumpulkan dengan metode penugasan analisis data dengan teknik analisis kritis untuk proses dan teknik analisis komperatif untuk dampak yaitu kemampuan motorik halus anak melalui permainan balok. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa penggunaan permainan balok dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B di TK ABA VII Bareng Klaten tahun ajaran 2012/2013. Adapun langkah-langkah penggunaan permainan balok adalah sebagai berikut : (a) Menyiapkan media sebelum anak memasuki ruangan, (b) Menjelaskan terlebih dahulu kegiatan yang akan dilakukan, (c) Menjelaskan media yang akan digunakan, (d) Mengkondisikan suasana yang menyenangkan dan memberi variasi kegiatan penunjang, (e) Menugaskan anak menyusun atau membentuk dengan balok, (f) Menugaskan anak secara individu atau kelompok, (g) Memberi motivasi anak yang belum mampu.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Permainan balok, kemampuan motorik halus, taman kanakkanak
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 19 Nov 2012 10:39
Last Modified: 19 Nov 2012 12:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21274

Actions (login required)

View Item View Item