Warsini, Warsini (2012) Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Permainan Balok Pada Anak Kelompok B TK ABA VII Bareng Klaten Tahun Ajaran 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf Download (23kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (44kB) |
||
PDF (BAB III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (73kB) |
||
PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) |
||
PDF (BAB V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (9kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (14MB) |
||
PDF (Nadkah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (752kB) |
Abstract
Pembelajaran dengan media balok ternyata meghasilkan 47,85% anak yang mampu bermain balok dengan baik, padahal harapan guru adalah maksimal 75% dari jumlah anak yang mampu bermain balok. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kemampuan motorik halus anak melalui permainan balok pada kelompok B TK ABA VII Bareng tahun ajaran 2012/2013. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan setting di TK ABA VII Bareng, Kecamatan Klaten, Tengah Kabupaten Klaten. Data tentang perilaku guru, perilaku siswa, dan situasi kelas dikumpulkan dengan metode obsevasi, sedangkan data tentang kemampuan motorik halus anak dikumpulkan dengan metode penugasan analisis data dengan teknik analisis kritis untuk proses dan teknik analisis komperatif untuk dampak yaitu kemampuan motorik halus anak melalui permainan balok. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa penggunaan permainan balok dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B di TK ABA VII Bareng Klaten tahun ajaran 2012/2013. Adapun langkah-langkah penggunaan permainan balok adalah sebagai berikut : (a) Menyiapkan media sebelum anak memasuki ruangan, (b) Menjelaskan terlebih dahulu kegiatan yang akan dilakukan, (c) Menjelaskan media yang akan digunakan, (d) Mengkondisikan suasana yang menyenangkan dan memberi variasi kegiatan penunjang, (e) Menugaskan anak menyusun atau membentuk dengan balok, (f) Menugaskan anak secara individu atau kelompok, (g) Memberi motivasi anak yang belum mampu.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Permainan balok, kemampuan motorik halus, taman kanakkanak |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 19 Nov 2012 10:39 |
Last Modified: | 19 Nov 2012 12:57 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21274 |
Actions (login required)
View Item |