Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Permainan Keping Geometri Pada Kelompok A Di TK ABA Sukorejo Klaten Tahun Ajaran 2012/2013

Sri Suyanti, Sri Suyanti (2012) Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Permainan Keping Geometri Pada Kelompok A Di TK ABA Sukorejo Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (229kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (351kB)

Abstract

Pembelajaran dengan ceramah, media papan tulis dan kapur ternyata hanya menghasilkan 31% anak yang mampu berhitung permulaan dengan baik. Padahal harapan guru adalah 80% dari jumlah anak yang mampu berhitung permulaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak dengan permainan keping geometri pada anak kelompok A di TK ABA Sukorejo Kecamatan Wedi Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan seting di TK ABA Sukorejo Kecamatan Wedi Kabupaten Klaten. Data tentang perilaku guru, perilaku siswa, dan situasi kelas dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, sedangkan data tentang kemampuan berhitung permulaan dikumpulkan dengan metode penugasan. Analisis data dengan teknik analisis kritis untuk proses dan teknik analisis konparatif untuk dampak yaitu kemampuan berhitung permulaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan anak awal berhitung ada 9 anak dari 29 anak. Pada siklus pertama menjadi 14 anak pada siklus kedua menjadi 18 anak dan pada siklus ketiga menjadi 23 anak, artinya secara klasikal telah meningkat kemampuan berhitung anak mencapai 80%. Ini berarti kemampuan berhitung anak mengalami peningkatan dengan metode permainan keping geometri.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan berhitung, permainan keping geometri, meningkatkan kemampuan berhitung.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 19 Nov 2012 07:42
Last Modified: 19 Nov 2012 07:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21271

Actions (login required)

View Item View Item