Suratmi, Suratmi (2012) Upaya Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Permainan Kartu Angka Dan Gambar Pada Anak Kelompok B Di TK Trisula Perwari I Jonggrangan Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (359kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (30kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (262kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (70kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (74kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (19kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_-_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (302kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (343kB) |
Abstract
Pembelajaran dengan media papan tulis dan kapur ternyata hanya menghasilkan 42% anak yang mampu berhitung permulaan dengan baik. Padahal harapan guru adalah 80% dari jumlah anak yang mampu berhitung permulaan. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan melalui permainan kartu angka dan gambar pada anak kelompok B di TK Trisula Perwari I Jonggrangan Kabupaten Klaten tahun ajaran 2012/2013. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan seting di TK Trisula Perwari I Jonggrangan Kecamatan Klaten Utara Kabupaten Klaten. Data tentang perilaku guru, perilaku siswa, dan situasi kelas dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, sedangkan data tentang kemampuan berhitung permulaan dikumpulkan dengan metode penugasan. Analisis data dengan teknik analisis kritis untuk proses dan teknik analisis komparatif untuk dampak yaitu kemampuan berhitung permulaan. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa penggunaan permainan kartu angka dan gambar dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada anak kelompok B di TK Trisula Perwari I Jonggrangan Klaten tahun ajaran 2012/2013. Adapun langkah-langkah penggunaan kartu angka dan gambar yang berhasil adalah sebagai berikut: (a) menyiapkan media sebelum anak memasuki ruangan, (b) menjelaskan terlebih dahulu kegiatan yang akan dilakukan, (c) menjelaskan media yang akan digunakan, (d) mengkondisikan suasana yang menyenangkan dan memberi variasi kegiatan penunjang, (e) menugaskan anak menghubungkan gambar dengan lambang bilangan, (f) menugaskan anak secara individu dengan lembar kerja anak, (g) memberi motivasi anak yang belum mampu.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan berhitung permulaan, kartu angka dan gambar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 19 Nov 2012 06:32 |
Last Modified: | 19 Nov 2012 06:32 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21266 |
Actions (login required)
View Item |