Penanganan Anak Disleksia Melalui Metode Fonik (Bunyi) Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal IV Ngrendeng Kaloran Gemolong Tahun Ajaran 2011/2012

Miyantika, Arini Vidya (2012) Penanganan Anak Disleksia Melalui Metode Fonik (Bunyi) Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal IV Ngrendeng Kaloran Gemolong Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (42kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menangani anak Disleksia dengan Metode Fonik (Bunyi) yang menangani anak disleksia dengan cara menyimak, berbicara, menulis, dan membaca. Penelitian dilakukan pada anak di TK Aisyiyah Bustanul IV Ngrendeng Kaloran, Kecamatan Gemolong, Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2011/2012. Subyek penelitian ini adalah anak usia 5- 6 tahun kelompok B TK Aisyiyah Bustanul IV Ngrendeng Kaloran, Kecamatan Gemolong, Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2011/2012 sejumlah 2 anak. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode Fonik anak- anak yang kesulitan membaca dapat sedikit berkurang karena dengan melalui cara belajar membaca menggunakan menyimak, berbicara, menulis, dan membaca. Sebelum dilakukan pembelajaran membaca anak diberikan motivasi untuk memberikan semangat dalam pembelajaran membaca agar anak mampu berkonsentrasi tinggi. Setelah dilakukan tindakan dengan menggunakan terapi dengan metode Fonik, anak mampu berkonsentrasi penuh dalam pembelajaran membaca.dan sedikit demi sedikit dapat membedakan huruf alphabet dan membaca beberapa kata dengan benar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah cara belajar dengan menggunakan metode Fonik dapat mengatasi anak disleksia di Aisyiyah Bustanul IV Ngrendeng Kaloran, Kecamatan Gemolong, Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2011/2012

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: disleksia, metode fonik (bunyi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 17 Nov 2012 07:37
Last Modified: 17 Nov 2012 07:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21261

Actions (login required)

View Item View Item