Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Metode Pesan Berantai Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Plosorejo Kecamatan Kerjo Tahun 2011/2012

Setiawan, Eko (2012) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Metode Pesan Berantai Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Plosorejo Kecamatan Kerjo Tahun 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (481kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (34kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (586kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (49kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (493kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (543kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia tentang pemahaman isi teks bacaan melalui penerapan metode pesan berantai pada siswa kelas V di SD Muhammadiyah Plosorejo Tahun pelajaran 2011/2012. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK), melalui model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa dan guru kelas V di SD Muhammadiyah Plosorejo Kecamatan Kerjo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012 dengan jumlah siswa 20 siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi, wawancara dan teknik tes. Teknik yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif model siklus yang terdiri dari tahap persiapan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pada pembelajaran pra siklus dari 20 siswa kelas V, 8 siswa yang mencapai taraf tuntas atau 40%, sedangkan beulm tuntas 60%, pada siklus I dari 20 siswa terdapat 12 siswa (60%) tuntas, dan 8 siswa (40%) belum tuntas, siklus II sebanyak 16 siswa (80%) tuntas dan 4 siswa (20%) belum tuntas sedangkan pada siklus III sebanyak 19 siswa ( 95%) tuntas dan yang belum tuntas 1 siswa (5%). Hasil penelitian ini menunjukkan ketercapaian dari indikator kinerja yang ditentukan yakni ketuntasan telah tercapai diatas 85%. Jadi pada penelitian ini setelah pelaksanaan pembelajaran siklus III telah tercapai, maka pembelajaran siklus berikutnya dapat dihentikan. Dengan demikian hipotesis tindakan dapat terjawabatau dapat diterima.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, metode pesan berantai
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 16 Nov 2012 10:10
Last Modified: 16 Nov 2012 10:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21241

Actions (login required)

View Item View Item