Ikasari, Nurhayati (2012) Peningkatan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Gempol Karanganom Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakrta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN_NURHAYATI_IKASARI.pdf Download (938kB) |
|
|
PDF (BAB I)
BAB_I_NURHAYATIKA_IKASARI.pdf Download (86kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB_II_NURHAYATIKA_IKASARI.pdf Restricted to Repository staff only Download (125kB) |
||
PDF (BAB III)
BAB_III_NURHAYATIKA_IKASARI.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
||
PDF (BAB IV)
BAB_IV_NURHAYATIKA_IKASARI.pdf Restricted to Repository staff only Download (177kB) |
||
PDF (BAB V)
BAB_V__NURHAYATIKA_IKASARI.pdf Restricted to Repository staff only Download (64kB) |
||
|
PDF (Daftar Puataka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (74kB) |
|
PDF (Lampiran)
lampiran-lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (273kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Gempol Kecamatan Karanganom Kabupaten Klaten tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan model siklus sedangkan subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 1 Gempol Tahun 2012/2013 berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumen. Validitas data yang digunakan adalah trianggulasi sumber dan teori. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai tiga buah komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan nilai rata-rata mata pelajaran Matematika Kelas VI Semester gasal adalah 56 dengan KKM 60, hanya 40% siswa yang mampu mencapai nilai ≥60. Pada Siklus I diperoleh rata-rata 61,33 dengan KKM 60, ketuntasan belajar siswa mencapai 66,67%. Berarti meningkat 26,67%. Sedangkan pada Siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas mata pelajaran matematika 68 dengan KKM 60, ketuntasan belajar siswa mencapai 86,67% yang berarti meningkat 46,67% dari kondisi awal. Dengan demikian dapat disimpulan bahwa pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Gempol Kecamatan Karanganom Kabupaten Klaten tahun pelajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan , Soal Cerita, RME |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 14 Nov 2012 10:37 |
Last Modified: | 14 Nov 2012 10:37 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21205 |
Actions (login required)
View Item |