Arif, Syaiful (2012) Penggunaan Model Pembelajaran Children Learning In Science Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN 1 Hargantoro Kecamatan Tirtomoyo Kabupaten Wonogiri Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (903kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (145kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (284kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (210kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (505kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (131kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (88kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (925kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (538kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui model pembelajaran children learning in sciencepada siswa kelas V SD Negeri 1 Hargantoro Kecamatan Tirtomoyo Kabupaten Wonogiri tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 35 siswa. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD tersebut. Penelitian ini diawali dengan kegiatan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dokumentasi, observasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dilakukan dengan cara reduksi, penyajian kemudian dilanjutkan dengan mengambil kesimpulan lalu verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran children learning in sciencedapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada siswa kelas V SD Negeri 1 Hargantoro Kecamatan Tirtomoyo Kabupaten Wonogiri tahun ajaran 2012/2013. Hal ini dapat dilihat dengan meningkatnya hasil belajar siswa, hasil pelaksanaan pembelajaran sebelum tindakan sebesar 62,86% dan setelah dilakukan tindakan sebesar 71,43% pada siklus I, dan akhir tindakan sebesar 94,29% pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran children learning in science pada pembelajaran IPA dapat menigkatkan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Hargantoro Kecamatan Tirtomoyo Kabupaten Wonogiri
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi belajar siswa, children learning in science (CLIS) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 14 Nov 2012 06:47 |
Last Modified: | 14 Nov 2012 06:47 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21202 |
Actions (login required)
View Item |