Pradaningtyas K., Anggi (2012) Optimalisasi Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP N 1 Tulis). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (526kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (16kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (63kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (46kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (218kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (389kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengoptimalkan penggunaan media pembelajaran berbasis e-learning melalui aplikasi blog sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Tulis pada materi bangun ruang limas. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek pemberi tindakan dalam penelitian ini adalah guru kelas VIII E SMP Negeri 1 Tulis dan subjek penerima tindakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Tulis, yang berjumlah 40 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan dan review tanggapan guru matematika. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Data penelitian ini adalah motivasi belajar matematika siswa yang dapat dilihat dari keaktifan, perhatian, keinginan berprestasi dan kemandirian belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar matematika siswa. Hal ini dapat ditunjukkan dari keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran yang meliputi : 1) keaktifan siswa dalam tanya jawab mencapai 62,5%, 2) keaktifan siswa dalam mengemukakan ide atau tanggapan mencapai 57,5%, 3) keaktifan siswa dalam mengerjakan soal latihan mencapai 52,5%. Perhatian siswa selama pembelajaran juga mengalami peningkatan meliputi aspek : 1) perhatian siswa tertuju pada pembelajaran mencapai 80%, 2) siswa tidak merasa bosan dalam menerima materi mencapai 72,5%. Peningkatan keinginan siswa untuk berprestasi dalam belajar matematika meliputi aspek : 1) siswa mempresentasikan hasil pekerjaannya di depan kelas mencapai 50%, 2) siswa tuntas KKM (
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi belajar, e-learning, blog. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 13 Nov 2012 11:58 |
Last Modified: | 13 Nov 2012 11:58 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21199 |
Actions (login required)
View Item |