Suprayogo, Andi (2012) Karakteristik Diksi dan Gaya Bahasa Iklan dalam Surat Kabar Harian Kompas. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (443kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (49kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (76kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (34kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (44kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (27kB) |
|
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (137kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi bentuk pemakaian diksi, mendeskripsikan bentuk pemakaian gaya bahasa dan pemakaian diksi serta menganalisis iklan yang dominan muncul antara diksi dan gaya bahasa dalam surat kabar harian Kompas. Penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan terhadap perkembangan bahasa dan pengajaran bahasa Indonesia, khususnya iklan media cetak. Penelitian ini merupakan penelitian bahasa murni. Penelitian ini dilaksanakan selama 12 bulan mulai bulan September 2011 sampai bulan Agustus 2012. Subjek penelitian adalah surat kabar harian Kompas. Teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka, metode simak, kemudian dengan teknik catat. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif pada teknik ini terdapat tiga komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan. Penyajian hasil data dalam penelitian ini menggunakan metode penyajian informal. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh hasil bahwa pemakaian diksi dalam istilah asing sangat mendominasi. Hal ini dapat terjadi karena kata-kata atau istilah asing dianggap menempati derajat yang lebih tinggi disbanding bahasa Indonesia dan daerah. Selain hal tersebut, kata-kata atau istilah asing yang digunakan merupakan bahasa Internasional, jika bahasa tersebut digunakan dalam iklan, para pembuat iklan bertujuan agar calon konsumen (pembaca) memperoleh kesan bahwa produk yang ditawarkan tersebut berkelas Internasional. \
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | diksi, gaya bahasa, iklan, dan kompas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 13 Nov 2012 11:41 |
Last Modified: | 13 Nov 2012 11:41 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21196 |
Actions (login required)
View Item |