Saktianingsih, Titik Hari (2012) Studi Komparatif Antara Problem Based Learning Dengan Make A Match Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Siswa SD Negeri Kandangsapi. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (165kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (353kB) |
||
PDF (bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (253kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (401kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (89kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
03._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (659kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1. Pengaruh metode pembelajaran Problem Based Learning dan Make a Match terhadap hasil belajar Matematika. 2. Pengaruh metode pembelajaran Problem Based Learning dan Make a Match terhadap keaktifan siswa pada proses KBM Matematika. 3. Metode yang lebih sesuai digunakan pada proses KBM dengan materi “sifat bangun datar dan pemecahan masalah terkait soal cerita”. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SD Negeri Kandangsapi, desa Kandangsapi, kecamatan Jenar, kabupaten Sragen, tahun ajaran 2011/2012. Sedangkan sampelnya adalah siswa kelas V SD Negeri Kandangsapi 1 yang dikenai metode pembelajaran Make a Match dan siswa kelas V SD Negeri Kandangsapi 3 yang dikenai metode pembelajaran Problem Based Learning. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan metode tes. Teknis analisis data yang digunakan adalah uji-t, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Dari analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh hasil bahwa: (1)Penggunaan metode pembelajaran Problem Based Learning dan Make a Match berpengaruh terhadap hasil belajar Matematika, yakni 1,768>1,674 atau 1,423>1,674. (2)Penggunaan metode pembelajaran Problem Based Learning dan Make a Match berpengaruh terhadap keaktifan siswa pada proses KBM Matematika,nilai 3,412>1,674 atau 3,522>1,674. (3)Metode yang lebih sesuai digunakan pada proses KBM dengan materi “sifat bangun datar dan pemecahan masalah terkait soal cerita” adalah Problem Based Learning dari pada Make a Match dengan rata-rata yaitu 72,5862 dan 69,000.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran Problem Based Learning dan Make a Match, Keaktifan siswa, Hasil belajar Matematika. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 13 Nov 2012 11:34 |
Last Modified: | 13 Nov 2012 12:10 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21195 |
Actions (login required)
View Item |