Maharani, Novi (2012) Pengaruh Penerapan Metode The Power Of Twoterhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas V Sd Negeri 1 Jeporo, Jatipurno, Wonogiri Tahun 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan )
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (750kB) |
|
|
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf Download (158kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (177kB) |
||
PDF (BAB III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (220kB) |
||
PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (224kB) |
||
PDF (BAB V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka )
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (119kB) |
|
PDF (Lampiran )
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi )
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (176kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalahuntuk mengetahui metode the power of two(kekuatan berdua) berpengaruh terhadap hasil belajar IPA kelas V dan untuk mengetahui besarnya pengaruh metode the power of two(kekuatan berdua) terhadap hasil belajar IPA kelas V. Penelitian ini dilaksanakan di SD N 1 Jeporo yang berada di desa Jeporo, Kecamatan Jatipurno, Kabupaten Wonogiri. Jenis penelitian yaitu eksperimen. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 54 anak. Samplingdengan metode sensus, maka sampel penelitian adalah seluruh populasi. Data hasil belajar siswa diambil dengan test objektif berupa pilihan ganda. Tehnik analisa data menggunakan tehnik analisis regresi sederhana. Berdasarkan hasil perhitungan analisisregresi menghasilkan persamaan: Y = 39,537 + 0.660 X . Koefisien (b) = 0,66. Nilai b > 0, maka Metode power of two mempunyai pengaruh positip terhadap hasil belajar siswa. Ini berarti setiap kenaikan skor 1 Metode power of twoakan menaikkan 0,66 hasil belajar siswa. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa semakin baik Metode the power of twomaka ada kecenderungan semakin baik hasil belajar IPA siswa Kelas V. Nilai R Square(R 2 ) total sebesar 0,256. Artinya, variabel dependen dapat menjelaskan sebesar 25,6% oleh variabel dependen, sedangkan sisanya sebesar 74,6% dipengaruhi oleh variabel di luar model penelitian, misalnya: motivasi, lingkungan belajar, fasilitas belajar dan lain-lain. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa Metode power of two(kekuatan berdua) mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V yaitu dengan peningkatan nilai yang signifikan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode the power of two, hasil belajar siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 13 Nov 2012 09:56 |
Last Modified: | 13 Nov 2012 10:02 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21186 |
Actions (login required)
View Item |