Peningkatan Hasil Belajar Pkn Melalui Strategi Pembelajaran Three-Stage Fishbowl Decision Pada Siswa Kelas V Sd Muhammadiyah 10 Tipes Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013

Sutrisni, Deni (2012) Peningkatan Hasil Belajar Pkn Melalui Strategi Pembelajaran Three-Stage Fishbowl Decision Pada Siswa Kelas V Sd Muhammadiyah 10 Tipes Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (618kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
04._BAB_I.pdf

Download (157kB)
[img] PDF (BAB II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img] PDF (BAB III )
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] PDF (BAB IV )
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (564kB)
[img] PDF (BAB V )
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka )
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (338kB)
[img] PDF (Lampiran )
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (739kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar Pkn. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian yaitu guru dan siswa kelas V SD Muhammadiyah 10 Tipes Surakarta yang berjumlah 44 siswa. Sumber data dalam penelitian ini antara lain siswa dan guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dokumentasi, dan Tes. Teknik uji validitas data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi waktu. Teknik uji validitas Tes menggunakan validitas isi. analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari 3 komponen, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian meliputi tahap: identifikasi masalah, persiapan, penyusunan rencana tindakan, implementasi tindakan, pengamatan, dan pen yusunan rencana. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing – masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar PKn siswa. Adapun peningkatan hasil pembelajaran dapat dilihat dari perolehan nilai siswa dalam pembelajaran PKn yang meningkat dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar PKn siswa sebesar 68,18% atau 30 siswa dan pada siklus II sebesar 86,36% atau 38 siswa. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan strategi pembelajaran Three-stage fishbowl decision mampu meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar Pkn, strategi Three-stage fishbowl decision
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 13 Nov 2012 09:38
Last Modified: 13 Nov 2012 09:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21184

Actions (login required)

View Item View Item