Ramadiana, Atein (2012) Perbedaan Strategi Pembelajaran Learning Start With A Question Dan Information Search Terhadap Hasil Belajar Pkn Di Kelas Iv Sd Islam Terpadu Jumapolo Karanganyar Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan )
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (508kB) |
|
|
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf Download (96kB) |
|
PDF (BAB II )
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (262kB) |
||
PDF (BAB III )
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (227kB) |
||
PDF (BAB IV )
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (173kB) |
||
PDF (BAB V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka )
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (143kB) |
|
PDF (Lampiran )
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (194kB) |
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar PKn menggunakan strategi pembelajaran Learning with a Question (LSQ) dengan strategi pembelajaran Information Search (IS) pada siswa kelas IV SD Islam Terpadu tahun ajaran 2010/2011. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Islam Terpadu Jumapolo tahun ajaran 2010 /2011. Penelitian ini termasuk penelitian populasi yang terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas IVA untuk kelas eksperimen menggunakan strategi LSQ dan kelas IVB kelas kontrol menggunakan strategi IS. Teknik uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas menggunakan metode Liliefors dan uji homogenitas menggunakan uji Bartlett Variabel penelitian terdiri dari Variabel bebas (X) terdiri dari strategi LSQ dan strategi IS sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar PKn. Te knik pengumpulan data dengan tes dan dokumentasi dimana instrumen soal telah diuji validitas dan reliabilitas tes, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil analisis data dengan nilai thitung > ttabel, yaitu 2,145 > 2,052, sehingga H 0 ditolak, berarti ada perbedaan hasil belajar PKn yang proses pembelajarannya menggunakan strategi LSQ dibandingkan dengan menggunakan strategi IS pada siswa kelas IV SD Islam Terpadu Jumpolo Tahun 2010 / 2011. Berdasarkan nilai rata-rata hasil belajar PKn kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol, yaitu 82,3 > 73,8, berarti hasil belajar PKn siswa yang dikenai strategi LSQ lebih baik jika dibandingkan dengan strategi IS. Kesimpulan dari penelitian ini ada lah ada perbedaan hasil belajar PKn antara pembelajaran menggunakan strategi LSQ dengan pembelajaran menggunakan strategi IS pada siswa kelas IV SD Islm Terpadu tahun ajaran 2010/2011
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi Learning Start with a Question (LSQ), Information Search (IS), hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 13 Nov 2012 09:20 |
Last Modified: | 13 Nov 2012 09:20 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21182 |
Actions (login required)
View Item |