Prayogo, Imam (2012) Peningkatan Ketrampilan Berbicara Melalui Metode Time Token Arends Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas Iv Sd Negeri 02 Dukuh Mulyo Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2011/2012a. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan )
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (591kB) |
|
|
PDF (BAB I)
04._BAB_I.pdf Download (27kB) |
|
PDF (BAB II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (54kB) |
||
PDF (BAB III )
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (54kB) |
||
PDF (BAB IV )
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (79kB) |
||
PDF (BAB V)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka )
08._BAB_V.pdf Download (18kB) |
|
PDF (Lampiran )
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi )
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (218kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan berbicara melalui metode Time Token Arends dengan menggunakan media gambar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD 02 Negeri Dukuh Mulyo Kabupaten Pati tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, hasil evaluasi belajar, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subyek penelitian siswa kelas IV SD Negeri 02 Dukuhmulyo, dengan banyak siswa 22 orang. Hasil penelitian menunjukan rata-rata nilai prasiklus 57,27 dengan ketuntasan belajar yang diperoleh 31,81%, pada siklus I rata-rata nilai yang diperoleh 66,36 dengan ketuntasan belajar yang diperoleh 59,09%, dan pada siklus II rata-rata nilai yang diperoleh 73,63 dengan ketuntasan belajar yang diperoleh 81,81%. Hasil belajar menunjukkan ada peningkatan ketrampilan berbicara siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan melalui metode Time Token Arends dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan ketrampilan berbicara siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ketrampilan berbicara, Metode Time Token Arends, Media gambar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 13 Nov 2012 08:18 |
Last Modified: | 13 Nov 2012 09:22 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21172 |
Actions (login required)
View Item |