Sari, Nur Indah (2012) Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 1 Pulokulon Kecamatan Pulokulon Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2011/ 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan )
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (712kB) |
|
|
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf Download (157kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (266kB) |
||
PDF (BAB III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (212kB) |
||
PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (460kB) |
||
PDF (BAB V )
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka )
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (87kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah publikasi )
JURNAL.pdf Download (447kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) tentang sumber daya alam melalui model pembelajaran Student Facilitator And Explaining pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Pulokulon tahun pelajaran 2011/2012 Kecamatan Pulokulon Kabupaten Grobogan. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 1 Pulokulon yang berjumlah 29 siswa. Penelitian ini diawali dengan kegiatan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dokumentasi, observasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dilakukan dengan cara reduksi, penyajian kemudian dilanjutkan dengan mengambil kesimpulan lalu verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Pulokulon tahun pelajaran 2011/2012. Hal ini dapat dilihat dari hasil pelaksanaan pembelajaran sebelum tindakan sebesar 45% dan setelah dilakukan tindakan pada siklus I yaitu putaran I sebesar 51% dan putaran II sebesar 72% dan diakhir tindakan pada siklus II putaran I sebesar 86% dan putaran II sebesar 90%. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran Student Facilitator And Explaining pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Pulokulon tahun pelajaran 2011/2012.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, pembelajaran IPA, Student Facilitator And Explaining. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 13 Nov 2012 07:35 |
Last Modified: | 13 Nov 2012 07:50 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21167 |
Actions (login required)
View Item |