Peningkatan Motivasi Belajar Ipa Melalui Alat Peraga Multimedia Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri Pringanom 1 Masaran Sragen Tahun Pelajaran 2011/2012

Suryani, Ida (2012) Peningkatan Motivasi Belajar Ipa Melalui Alat Peraga Multimedia Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri Pringanom 1 Masaran Sragen Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (764kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] PDF (BAB III )
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] PDF (BAB IV )
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka )
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (45kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_CLEAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
JURNAL.pdf

Download (272kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk 1. Untuk meningkatkan motivasi belajar IPA melalui penggunaan alat peraga multimedia pada siswa kelas IV SD Negeri Pringanom 1 Masaran Sragen tahun pelajaran 2011/2012, dan 2. Untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dengan menggunakan alat peraga multimedia sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri Pringanom 1 Masaran Sragen tahun pelajaran 2011/2012. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan (action ressearch) dengan bentuk penelitian PTK. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Pringanom 1 Masaran Sragen tahun pelajaran 2011/2012. Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah wawancara mendalam observasi partisipan, dokumentasi dan test. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model induktif interaktif, komponen pokok analisis induksi interaktif yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan aktivitasnya dilakukan dalam bentuk interaktif dengan proses pengumpulan data sebagai suatu siklus. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diketahui bahwa 1. Pada siklus I aktivtas siswa yang kurang menunjang proses pembelajaran tercatat bahwa masih banyak siswa yang kurang aktif bertanya sebanyak 12 siswa dan anak yang kurang aktif menjawab sebanyak 17 siswa. Sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang kurang melakukan aktifitas kurang menunjang selama proses pembelajaran telah menurun yakni sebanyak 2 siswa yang kurang aktif bertanya dan yang tidak aktif menjawab ada 3 siswa, dengan demikian multi media dalam pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar siswa ditandai dengan aktifnya siswa dalam proses belajar mengajar. 2. Pada siklus I jumlah anak yang mendapat nilai < 70 sebanyak 13 anak (33,3 %) sedangkan yang mendapat nilai di atas 70 sebanyak 26 anak (66,7%) dengan rata-rata kelas 71,00. Sedangkan Pada siklus II nilai rata-rata kelas 79 dan jumlah anak yang mendapat nilai < 70 sebanyak 0 anak atau 0 % dari jumlah seluruh siswa, sedangkan anak yang mendapat nilai 70 ke atas sebanyak 39 anak atau 100 % dari jumlah seluruh siswa. Hal itu menunjukkan bahwa pemahaman siswa terhadap materi pelajaran mengalami peningkatan dalam proses belajar mengajar siklus II setelah guru menyampaikan materi pelajaran dengan multi media Peningkatan rata-rata dan ketuntasan belajar menandakan keberhasilan dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peningkatan, motivasi belajar, alat peraha multimedia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 13 Nov 2012 07:25
Last Modified: 13 Nov 2012 09:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21164

Actions (login required)

View Item View Item