Anggraini, Ria Dwi (2012) Penggunaan Pendekatan Role Reversal Questions Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam Penguasaan Materi Faktorisasi Suku Aljabar (Ptk Pembelajaran Matematika Di Kelas Viii B Smp N 2 Penawangan). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (202kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (303kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (275kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (848kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (197kB) |
|
|
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan tentang: penggunaan Pendekatan Role Reversal Questions untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam penguasaan materi faktorisasi suku aljabar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari tiga siklus, yang masing-masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi tindakan, refleksi dan evaluasi. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan metode tes. Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan/verifikasi. Keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada akhi rsiklus ke-tiga, siswa yang mempersiapkan diri ketika pelajaran akan dimulai 47,05 dari 23,52 % sebelum tindakan, siswa yang memperhatikan pada saat proses pembelajaran sebanyak 44,11% dari 14,70%, siswa yang mempunyai keberanian mengungkapkan ide atau gagasan sebanyak 64,70% dari 44,11%, siswa yang aktif menyelesaikan soal matematika sebanyak 70,58% dari 17,64%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan Role Reversal Questions dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam penguasaan materi faktorisasi suku aljabar.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendekatan role reversal questions,peningkatan pemahaman. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 12 Nov 2012 11:57 |
Last Modified: | 12 Nov 2012 12:26 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21141 |
Actions (login required)
View Item |